Pantau Flash
Anies Baswedan Perpanjang Tanggap Darurat Jakarta hingga 19 April
Positif COVID-19 Meningkat, 1.155 Kasus, 102 Meninggal, dan 59 Sembuh
Cegah Penyebaran Virus Korona, Menag Imbau Masyarakat Tidak Mudik
Seorang Dokter Positif Tertular Virus Korona dari Klaster Bima Arya
Presiden Prancis Ingatkan Italia Waspada Bantuan China dan Rusia

5 Karakter Utama Film Indonesia yang Paling Berpengaruh dari Masa ke Masa

Headline
5 Karakter Utama Film Indonesia yang Paling Berpengaruh dari Masa ke Masa Film Dilan. (Foto: Instagram/@film.dilan.official)

Pantau.com - Film bukan hanya memberi hiburan dan juga pesan dari jalan ceritanya. Tapi terkadang film bisa memberi pengaruh yang besar bagi penonntonnya baik itu dari segi alur atau karakter utamanya.

Baca juga: 'Gundala' Bukti Indonesia Mampu Suguhkan Film Superhero Berkualitas

Di Indonesia sendiri, ada beberapa film memiliki pemeran utama dengan karakter yang cukup kuat sehingga memberi pengaruh terhadap para penontonnya. Bahkan tak sedikit orang yang terinspirasi sehingga meniru gaya, kepribadian dan apapun itu dari karakter-karakter pemeran utama film tersebut.

Lebih lanjut, berikut ini adalah tokoh atau karakter pemeran utama dalam film Indonesia yang memiliki pengaruh besar terhadap penontonnya dari masa ke masa.

1. Ali Topan (Ali Topan Anak Jalanan)

Ali Topan (Foto: Istimewa)

Ali Topan merupakan tokoh utama dalam film 'Ali Topan Anak Jalanan' yang dirilis pada tahun 1977 dan disutradarai oleh Teguh Esha. Ali Topan yang diperankan oleh aktor Junaedi Salat memiliki karakter yang unik, dimana ia merupakan seorang remaja laki-laki dengan sosok nakal, jahil, urakan dan tak terikat dengan peraturan atau pemberontak namun cerdas. 

Ali Topan merupakan ikon remaja di era 70-an yang menjadi simbol pemberontakan jauh dari kesan tunduk. Banyak sekali remaja di era itu yang terinspirasi dari karakter fiktif Ali Topan sehingga mencoba mengikuti personalitinya hingga gaya dalam berpenampilannya.

2. Boy (Catatan si Boy)

Onky Alexander saat memerankan Boy. (Foto: Istimewa)

Memasuki tahun 80-an, film 'Catatan si Boy' menjadi salah satu film nasional tersukses di era itu. Onky Alexander memerankan tokoh Boy yang merupakan seorang pria tampan, taat beribadah, jago beladiri, dan orang kaya. 

Boy merupakan karakter fiktif yang menggambarkan kesempurnaan bagi seorang laki-laki tentunya, karakternya hampir tanpa cela. Tak heran jika di masanya karakter Boy menjadi inspirasi bagi para pemuda saat itu, meski mungkin akan sulit bagi siapapun untuk menjadi Boy di kehidupan nyata.

3. Rangga (Ada Apa dengan Cinta?)

Nicholas Saputra saat memerankan Rangga. (Foto: Istimewa)

Film 'Ada Apa dengan Cinta' menjadi pembuka harapan bangkitnya perfilman nasional yang saat itu sempat lumpuh. Film yang menceritakan kisah cinta anak SMA ini menampilkan pasangan fenomenal Nicholas Saputra sebagai Rangga dan Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta.

Sosok Rangga sendiri memiliki karakter yang begitu kuat dan unik. Rangga adalah seorang remaja yang introvert namun memiliki bakat dala menulis puisi. Karakter yang unik itu membuat sosok Rangga menjadi pribadi yang cool dan digilai para wanita saat itu. Tak heran jika saat itu banyak remaja mendadak puitis setelah menonton film 'AADC'.

4. Ipang (Realita, Cinta dan Rock'n Roll)

Vino G Bastian, Nadine Chandrawinata dan Herjunot Ali. (Foto: Istimewa)

Ipang merupakan tokoh utama dalam film 'Realita, Cinta dan Rock'n Roll' garapan Upi yang diperankan oleh Vino G Bastian. Film ini pula yang menjadi titik awal nama aktor tampan tersebut mulai melejit.

Vino berhasil memerankan karakter remaja yang benar-benar rock'n roll, urakan, tampan, suka musik, punya nyali, cuek, rusuh dan punya gaya. Sosok Ipang langsung menjadi inspirasi para pemuda saat itu, mulai dari gaya berpakaiannya dengan mengenakan jaket kulit, gaya rambut, hingga gaya hidup rock'n roll.

Baca juga: 25 Hari Syuting di Korea, Dodit Mulyanto Kangen Sambal

5. Dilan

Film Dilan. (Foto: Instagram/@film.dilan.official)

Iqbaal Ramadhan berhasil memerankan karakter Dilan, seorang remaja anak SMA tahun 90-an, panglima tempur geng motor, tampan, jago berkelahi, pintar dan raja gombal. Meski film 'Dilan' bercerita mengenai kisah asmara seorang remaja SMA di tahun 90-an, namun gombalan-gombalan maut Dilan dengan bahasa yang khas ternyata disukai oleh remaja-remaja zaman sekarang.

Bahkan, bukan hanya gombalan Dilan saja yang menjadi tren, tetapi jaket jeans yang kerap dipakai oleh kekasih Milea ini juga menarik minat banyak orang.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: