Pantau Flash
Sadar COVID-19 Masih Jadi Momok, PSSI Resmi Tunda Lanjutan Liga 1 dan 2
Gedung Nusantara I DPR Terbakar, Sumber Api Berasal dari Lift
Bank Dunia Sebut COVID-19 Luluh Lantakkan Asia Timur dan Pasifik
Volume Kendaraan di Jakarta Turun 21 Persen saat PSBB Ketat
Media Asing Soroti Demo Tuntut Referendum Papua, Dibubarkan dengan Tembakan

5 Kebiasaan Buruk yang Masih Sering Dilakukan saat Berolahraga

5 Kebiasaan Buruk yang Masih Sering Dilakukan saat Berolahraga ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Sejatinya, kegiatan olahraga dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Akan tetapi, sebagian orang yang melakukannya justru merasakan hal sebaliknya.

Ketika melakukan olahraga, bukannya merasa lebih bugar dan sehat, sebagian orang malah merasa kesakitan di beberapa bagian tubuhnya. Biasanya hal ini dialami para pemula saat berolahraga, lantaran kurangnya informasi tentang cara melakukan olahraga yang baik dan benar.

Berikut ini 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh mereka saat berolahraga yang justru dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

1. Mandi Air Panas Setelah Berolahraga

Mandi air panas mungkin membuat Anda merasa lebih baik, tetapi dalam jangka panjang, lebih baik jika Anda beralih ke mandi air dingin setelah sesi latihan. Ini karena merendam diri dalam air dingin diketahui mengurangi nyeri otot yang tertunda dan membantu Anda pulih lebih cepat dari rutinitas yang melelahkan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anda Harus Berolahraga sebelum Sarapan

2. Tidak Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Sebagian besar dari kita cukup menetap dalam hidup. Artinya, kita terikat ke meja kita dan memiliki sedikit atau tidak ada pengeluaran energi yang ketat di siang hari. Jika itu juga berlaku untuk Anda, maka Anda harus melewatkan peregangan sebelum latihan rutin dan alih-alih beralih ke sesi pemanasan 5 menit yang baik. Tujuan dari ini adalah untuk memompa darah Anda melalui otot-otot Anda dan melengkapinya untuk sesi latihan kardio atau latihan beban berikutnya, yang mengurangi risiko cedera selama latihan.

3. Tidak Pendinginan Setelah Berolahraga

Ada alasan mengapa atlet yang berlari atau melakukan latihan intensif dalam beberapa menit berbaring telentang dan beristirahat sejenak di antara sesi mereka. Itu karena pendinginan memungkinkan tubuh Anda untuk beristirahat dan memperbaiki sendiri, yang mengurangi risiko cedera atau jatuh sakit. Jadi ingat ini dan pastikan Anda tenang setidaknya selama 10 menit setelah sesi latihan Anda selesai.

4. Tidak Memiliki Vitamin D yang Cukup

Vitamin D penting untuk tulang Anda karena tanpanya tubuh Anda gagal menyerap kalsium dalam makanan Anda. Jadi, jika Anda merasa lemah atau mengalami kesemutan di tangan dan kaki Anda, Anda harus segera melakukan tes darah untuk mengetahui kekurangannya, terutama vitamin D. Ingat saja: Hanya petani yang mendapat cukup vitamin D dari matahari, jadi jika kadar Anda rendah, pastikan Anda mendapat resep pil vitamin D di kantor dokter. Dan ingat, jangan berlebihan karena hal itu dapat menyebabkan hypervitaminosis.

Baca Juga: 8 Makanan Sumber Fosfor untuk Menu Harian Anda

5. Mengenakan Pakaian yang Salah saat Olahraga

Sepasang sepatu olahraga yang baik dapat menjadi perbedaan antara tetap bugar dan melukai diri sendiri. Dan itu termasuk satu set pakaian olahraga yang baik sebelum Anda pergi ke gym. Itu berarti pakaian ketat, pakaian non-keringat, bra olahraga yang tidak mendukung atau terlalu ketat, dan pakaian yang tidak nyaman dan tidak melar keluar. Ingat, dalam berolahraga kenyamanan selalu menjadi prioritas di atas estetika.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: