Pantau Flash
Erick Thohir Ganti Dirut PT Pembangunan Perumahan
Doni Monardo Sebut Akan Ada Standarisasi Harga Tes PCR
Gempa M 7,1 Maluku Utara Akibat Subduksi Lempeng Laut Filipina
Seorang Pemain Tottenham Hotspur Positif Terinfeksi COVID-19
Pemerintah Segera Bayar Dana Kompensasi kepada PLN dan Pertamina

5 Kota yang Menyandang Status Terpadat di Indonesia, Cek Kotamu Masuk Gak?

5 Kota yang Menyandang Status Terpadat di Indonesia, Cek Kotamu Masuk Gak? Kepadatan DKI Jakarta (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Pantau.com - Indonesia menjadi salah satu negara berkembang di Asia Tenggara yang kini cukup menyita perhatian dunia. Pasalnya terjadi peningkatan kegiatan ekspor dan impor hampir setiap tahunnya yang membuat beberapa negara maju di dunia tertarik menanamkan modalnya ke Indonesia. Peningkatan aktivitas perdagangan ini tak lepas dari jumlah penduduk di Indonesia yang tiap tahun juga meningkat pesat sehingga masuk ke dalam daftar kota terpadat di indonesia.

Baca juga: 5 Kota Tersepi di Dunia, dari Tak Berpenghuni Hingga Hanya Sendiri, Minat?

Namun peningkatan perdagangan, dan peningkatan jumlah penduduk, tidak berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. peningkatan jumlah penduduk yang tidak diimbangi dengan pemerataan dan tersedianya lapangan kerja, berefek pada tidak meratanya kesejahteraan di masing-masing daerah, karena mereka cenderung menumpuk di satu kota dimana tempat tersebut yang mampu menyediakan lapangan kerja lebih banyak di banding kota-kota lainnya.

Apa Saja Daftar Kota Terpadat di Indonesia Itu?

Berikut ini adalah urutan kota-kota terpadat di Indonesia yang wajib sobat pantau ketahui.

1. DKI Jakarta

dki jakarta

DKI Jakarta merupakan ibu kota dan juga menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia. Memiliki luas sekitar 661,52 km², Jakarta dihuni penduduk kurang lebih 10.374.235 jiwa (sumber Kemendagri). Jakarta juga menjadi pusat roda perokonomian sekaligus pusat pemerintahan dan kebudayaan.

Namun Jakarta juga mencatatkan beberapa catatan negatif akibat dari kepadatan penduduk yang tidak terkontrol dimana terjadi kesenjangan sosial yang tingkat kemiskinan yang cukup tinggi. Selain itu banyaknya penduduk yang memiliki kendaraan pribadi, memicu polusi dimana beberapa waktu lalu Jakarta menjadi kota paling polusi di dunia.

2. Surabaya

surabaya

Ibu kota dari Provinsi Jawa Timur ini masuk sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta. Kota Surabaya memiliki jumlah penduduk 2.917.680 jiwa dengan kepadatan 8.684/km² (tahun 2018).

Hampir mirip sebagai Jakarta, Surabaya sebagai ibukota provinsi juga menjadi pusat pemerintahan. Letak Surabaya yang cukup strategis menjadikanya sebagi pusat kota untuk keuangan, bisnis dan ekonomi di Jawa Timur. Hal ini didukung dengan adanya pelabuhan Tanjung Perak sebagai pelabuhan perdagangan, peti kemas, dan penumpang terbesar kedua setelah Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta.

Namun meskipun dinobatkan sebagai salah satu kota terpadat Surabaya mampu memperoleh penghargaan dari ASEAN Environmentally Sustainable City Award pada tahun 2011 dan 2014 dan pada tahun 2018 Surabaya mendapat penghargaan Lee Kuan Yew City Prize, sebagai salah satu kota besar di dunia yang mampu mempertahankan dan mengelola kampung di tengah kota dengan menejemen pemerintah dan masyarakat yang baik.

3. Bandung

bandung

Kota padat lainnya adalah ibu kota Provinsi Jawa Barat, Bandung. Kota yang karib disapa Paris Van Java ini berpenduduk 2.440.717 jiwa dan luas wilayah seluas 171 km². Berlokasi 140 km sebelah tenggara Jakarta, Bandung sempat menjadi aksi sejarah tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika tahun 1955. Selain itu, Bandung sempat dinobatkan sebagai kota paling aman di dunia tahun 1990 oleh majalah Time.
Tak hanya terkenal dengan bangunan bersejarahnya saja, Bandung terkenal dengan inovasi-invasi terbaru di segala bidang karena dihuni oleh banyak mahasiswa dan mahasiswi yang menuntut ilmu di berbagi Universitas di Indonesia.

4. Medan

medan

Kota terbesar keempat setelah Bandung adalah Medan. Ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara ini memiliki luas 265,10 km² atau sekitar 3,6%m persen dari total keseluruhan wilayah di Sumatera Utara dengan jumlah penduduk 2.210.624 jiwa(tahun 2015). Medan menjadi pintu gerbang untuk wilayah Indonesia bagian barat hal ini dikarenakan adanya Pelabuhan Belawan. Selain itu Medan jug berbatasan langsung dengan Selat Malaka menjadikan Kota Medan sebagai pusat kota industri, bisnis dan perdagangan bagi Indonesia.

Baca juga: 10 Kota Tersepi di Indonesia, Cocok Buat yang Penat Butuh Keheningan

5. Bekasi

bekasi

Bekasi merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota Bekasi sebagai penyangga ibu kota Jakarta yang menjadi tempat tinggal jutaan pekerja kaum urban dan pusat dari industri. Kota Bekasi memiliki luas 210,49 km² dengan jumlah penduduk 2.431.480 (tahun 2018). Pada tahun 2010, kawasan Bekasi Utara bahkan sempat menjadi daerah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi sekitar 12.237 jiwa/km².

Itu tadi beberapa kota yang memiliki kepadatan cukup tinggi di Indonesia. Tertarik tinggal di salah satu kota tersebut?

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: