Pantau Flash
Kemenkes Catat 1,4 Juta Penduduk Indonesia Sudah Divaksin COVID-19
Bertambah 8.493, Total Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Kini 1.314.634
Buntut Penembakan TNI Cengkareng, Propam Polri Larang Polisi ke Kafe dan Minum Miras
Sebanyak 4.269 Pasien COVID-19 Dirawat di RSD Wisma Atlet
Bripka CS Jadi Tersangka Penembakan Anggota TNI di Cengkareng

5 Lagu Terlarang yang Bisa Buat Depresi hingga Stress, Berani Dengarkan?

5 Lagu Terlarang yang Bisa Buat Depresi hingga Stress, Berani Dengarkan? Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Lagu saat ini tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Banyak orang menggunakan lagu sebagai pengantar tidur, memulai aktivitas, bahkan disaat bekerja untuk membuat rileks. Namun, tidak semua lagu di dunia ini diciptakan untuk membuat hati tenang. Sejumlah lagu terlarang bahkan diciptakan untuk menyakiti bahkan membuat seseorang depresi karena mendengarkannya.

Apa Saja Lagu Terlarang Yang Bisa Buat Depresi?

Berikut lima lagu terlarang yang wajib sobat pantau ketahui berdasarkan rangkuman versi Pantau.com. Ini dia daftar kengkapnya.

1. Glommy Sunday


Billie Holiday and the Gloomy Sunday. (video: youtube)

Glommy Sunday merupakan lagu ciptaan Rezs Serres pada 1933. Serres juga diketahui merupakan pianis asal Hungaria yang menulis lagu berdasarkan puisi-puisinya.

Lagu yang berjudul Vége a világnak atau yang berarti 'dunia sedang berakhir' ini menceritakan tentang kesedihan dan kehancuran akibat perang. Lagu ini pertama kali menggunakan judul Gloomy Sunday saat pertama kali dinyanyikan dalam bahasa Inggris pada 1936 silam oleh Hal Kemp.

Sejumlah kasus bunuh diri dilaporkan terjadi pada orang yang mendengarkan lagu ini. Tingkat kasus bunuh diri meningkat tajam usai penyanyi Billy Holiday mempopulerkannya di banyak radio. 

Baca juga: 5 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat di Indonesia

2. Nina Bobo


Ilustrasi. (video: youtube)

Lagu Nina Bobo kerap didengarkan sewaktu kecil untuk mengantarkan anak-anak tidur. Namun, ternyata lagu ini termasuk ke dalam lagu terlarang. Lagu Nina Bobo mempunyai makna yang menyeramkan.

Konon katanya, lagu ini diciptakan oleh istri Kapten Van Rodjnik para era kolonial untuk putrinya yang bernama Helenina Mustika. Lagu tersebut diciptakan untuk sang putri yang sering mengalami kesulitan tidur.

Namun, lagu itu justru membuat dampak yang berkebalikan. Helenina meninggal dunia di usia muda karena menderita sakit keras. Helenina kemudian menghantui keluarganya dengan meminta dinyanyikan lagu Nina Bobo.

3. Reverse


Reverse. (video: YouTube)

Lagu ciptaan Karlmayer ini merupakan kombinasi dari suara, simfoni, atau musik yang dipercaya dapat mempengaruhi otak. Lagu ini disebutkan dapat menghancurkan mental seseorang dan membuat gila. 

Karlmayer asal Jerman menciptakan lagu ini untuk menekan dan menginterogasi tawanan perang di Eropa saat itu. Para tawanan perang diintegrosai dalam sebuah ruangan sempit dengan diperdengarkan lagu Reverse selama dua jam.

Efek dari lagu tersebut menyebabkan depresi hingga stres, di mana kemudian para tawanan terpaksa mengungkapkan semua informasi rahasia. Meski lagu ini mematikan, namun tidak ada unsur magis yang terkandung di dalamnya. 

Baca juga: Meski Digunakan untuk Kebutuhan Medis, Ini 5 Bahaya Ganja bagi Tubuh

4. Requeim for a Tower


Requiem for a Tower. (video: Youtube)

Requiem for a Tower merupakan lagu dari album Clint Mansell and Nathan Duvall. Requiem foa a Tower ini merupakan versi Clint Mansell Lux Æterna/Requiem for a Dream, yang didaur ulang dengan paduan suara dan orkestra. 

Lagu tersebut juga menjadi salah satu soundtrack dari film The Lord of The Rings. Lagu ini memiliki kisah menyeramkan, salah satunya kasus pembunuhan yang secara membabi-buta menembak orang-orang dengan senapan.

Kejadian di tahun 2011 tersebut telah merenggut nyaw 76 orang. Dikabarkan, pelaku menyerang sambil mendengarkan lagu tersebut melalui headset.

5. Stairway to Heaven


Led Zeppelin. (Video: Youtube)

Kalian semua pasti tahu Led Zeppelin? Led Zeppelin merupakan band dengan kontroversi dan disebut-sebut sebagai band paling jenius di masanya. 

Dalam satu lagunya, yakni Stairway to Heaven, menyisakan misteri kontroversi di bagian reffnya. Jika kita memutar ulang bagian reffnya dengan reverse, maka lirik lagu tersebut memiliki makna dan arti yang berbeda dari sebenarnya.

Padahal, di era musik jaman Led Zeppelin belum mengenal digital, bahkan masih terbilang kuno. Namun, mereka mampu menciptakan dua arti lirik yang berbeda bila didengarkan dengan normal dan dengan reverse.  

if there’s a bustle in your hedgerow don’t be alarmed now It’s just a spring clean for the May Queen Yes there are two paths you can go by but in the long run there’s still time to change the road you’re on jika diputar reverse :

"oh here’s to my sweet Satan

the one whose little paths would make me sad 

whose power is Satan he’ll give you give you 666 

there was a little toolshed where he made us suffer sad Satan."

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: