Pantau Flash
Anies Baswedan Perpanjang Tanggap Darurat Jakarta hingga 19 April
Positif COVID-19 Meningkat, 1.155 Kasus, 102 Meninggal, dan 59 Sembuh
Cegah Penyebaran Virus Korona, Menag Imbau Masyarakat Tidak Mudik
Seorang Dokter Positif Tertular Virus Korona dari Klaster Bima Arya
Presiden Prancis Ingatkan Italia Waspada Bantuan China dan Rusia

5 Makanan Ini Bisa Bikin Penderita Insomnia Tidur Lebih Cepat Lho

5 Makanan Ini Bisa Bikin Penderita Insomnia Tidur Lebih Cepat Lho Ilustrasi tuna. (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Kesulitan tidur atau insomnia dapat menyerang siapa saja. Meski telah mencoba tidur lebih awal, beberapa orang justru akan berakhir dengan kembali bermain handphone karena tak kunjung mengantuk.

Mengatasi insomnia dapat diatasi dengan pola makan tertentu.

Apa Saja Makanan untuk Penderita Insomnia Agar Dapat Tidur Cepat?

Dilansir dari The Healthy, mengonsumsi beberapa makanan dan minuman ini sebelum tidur ternyata dapat membuatmu cepat tertidur.

1. Kenari


Ilustrasi kenari. (Foto: Shutterstock)

Kenari adalah sumber yang baik triptofan, asam amino yang meningkatkan tidur dan membantu produksi serotonin dan melatonin -hormon body clock yang mengatur siklus tidur dan bangun Anda.

Peneliti dari University of Texas menemukan bahwa kenari mengandung sumber melatonin, tak seperti makanan lain dan dapat membantu Anda untuk tertidur lebih cepat.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Teh untuk Kesehatan dan Kecantikan 

2. Almond


Ilustrasi almond. (Foto: Shutterstock)

Almond kaya akan magnesium, mineral yang dibutuhkan untuk kualitas tidur.

Orang dewasa yang mengonsumsi magnesium sebelum tidur dilaporkan mampu terlelap lebih cepat, mendapatkan tidur yang berkualitas, dan bangun pada waktu yang tepat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research di Medical Sciences.

3. Selada


Ilustrasi selada. (Foto: Shutterstock)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food Scienes and Biotechnology, salad yang dimakan saat makan malam dapat mempercepat waktu tidur Anda. Selada mengandung lactucarium, yang memiliki sifat sedatif.

Baca juga: 5 Manfaat Ajaib Madu, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Jerawat

4. Tuna


Ilustrasi tuna. (Foto: Shutterstock)

Vitamin B6 merupakan vitamin tidur, di mana tubuh membutuhkannya untuk memproduksi melatonin dan serotonin. Tak hanya membantu tertidur lebih cepat tetapi juga dapat membuat Anda bermimpi bagus, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Perceptual and Motor Skills.

Ikan seperti tuna, halibut, dan salmon kaya akan vitamin B6 yang tinggi, seperti yang terkandung dalam bawang putih mentah dan kacang pistachio.

5. Nasi


Ilustrasi nasi. (Foto: Shutterstock)

Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga memakan nasi putih sebelum tidur dapat membuat Anda terlelap lebih cepat, menurut studi AJCN.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: