5 Manfaat Olahraga Kardio, Salah Satunya Bikin Tidur Nyenyak

Kardio (Foto: Pixabay)Kardio (Foto: Pixabay)

Pantau – Ahli kesehatan merekomendasikan untuk melakukan kardio setidaknya 150 menit seminggu. Dalam sehari, 10 menit melakukan olahraga kardio dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh, terutama jantung. Selain untuk menjaga kesehatan jantung, berikut manfaat baik lainnya dari olahraga kardio untuk kesehatan tubuh:

1. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Namun perlu diketahui untuk tidak melakukan kardio terlalu dekat dengan jam tidur. Hal ini dapat menyebabkan sulit tidur. Disarankan untuk melakukan olahraga 3 – 4 jam sebelum jam tidur di malam hari,

2. Mengatasi Stres dan Bad Mood

Hal ini disebabkan kardio menurunkan kadar hormon kortisol dan adrenalin yang membuat perasaan kita menjadi lebih baik. Kardio menjadi salah satu cara menyenangkan untuk mengembalikan mood yang buruk.

3. Menurunkan tekanan darah

Melansir dari laman healthline, olahraga kardio dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga arteri tetap bersih dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. 

4. Mengurangi Sakit Pinggang

Olahraga kardio meningkatkan kembali fungsi otot dan aliran darah ke struktur tulang belakang, juga meningkatkan jumlah nutrisi yang diperlukan tulang belakang.

5. Meningkatkan kesehatan kulit dan otot

Meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan kulit yang lebih sehat dan bersih. Selain itu, otot tubuh kita juga menjadi lebih fleksibel dan meningkatkan suplai oksigen

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari