Pantau Flash
4,99 Juta Warga Telah Terima BLT Dana Desa
Polda Metro Tangkap Tersangka Penyebar Video Asusila Mirip Syahrini
Menristek Sebut Pembuatan Vaksin COVID-19 Masih Tahap Awal
Gantikan Helmy Yahya, Iman Brotoseno Resmi Dilantik Sebagai Dirut TVRI
Menuju 'New Normal', Magelang Akan Perketat Protokol Kesehatan

5 Manfaat Semangka, dari Obat Kanker hingga Asma

5 Manfaat Semangka, dari Obat Kanker hingga Asma Ilustrasi. (Pixabay)

Pantau.com - Buah semangka adalah buah yang banyak dikonsumsi dan digemari oleh masyarakat. Perlu diketahui buah semangka mengandung 92 persen air dan setiap gigitannya Anda mendapatkan vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan asam amino dalam jumlah yang baik.

Selain itu, banyak manfaat yang terdapat pada buah semangka. Dikutip Boldsky, berikut lima manfaat buah semangka untuk kesehatan.

1. Mencegah kanker

Ilustrasi semangka (Pixabay)

Semangka mengandung likopen memiliki kaitan dengan pencegahan kanker pada sistem pencernaan. Likopen ini dapat menurunkan risiko kanker dengan mengurangi insulin (IGF), protein yang terlibat dalam pembelahan sel. Tingkat IGF yang lebih tinggi dapat meningkatkan kemungkinan kanker.

Baca juga: Ternyata Kulit Semangka Bisa Mengobati Jerawat, Loh...

2. Meningkatkan kesehatan mata

Ilustrasi semangka (Pixabay)

Likopen yang terkandung dalam semangka dapat melindungi mata dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Ia bekerja sebagai senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi semangka (Pixabay)

Kandungan likopen yang tinggi dalam semangka dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Ini juga dapat mengurangi kolesterol jahat dan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, semangka membantu mengurangi hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang mengalami obesitas. Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh yang juga dikenal dapat menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Ini 5 Alasan Kenapa Ibu Hamil Harus Makan Semangka

4. Mengurangi nyeri otot

Ilustrasi semangka (Pixabay)

Semangka dapat mengurangi nyeri otot karena kandungan citrulline yang tinggi. Minum jus semangka dikatakan mengurangi nyeri otot dan meningkatkan sirkulasi darah untuk atlet.

5. Mencegah asma


Ilustrasi semangka (Pixabay)

Semangka merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang menurunkan risiko asma. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Seseorang dengan asma memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah di dalam tubuh sehingga ia mengalami gejala asma.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: