Pantau Flash
Hak Asimilasi Napi yang Berulah Usai Dibebaskan Bakal Dicabut
Italia Berencana Perpanjang Lockdown hingga 3 Mei
FIFPro Ingatkan Ancaman Kesehatan Mental Pesepak Bola
3 BUMN Patungan Sediakan 80 Ribu APD untuk Rumah Sakit
Dari 256 Pasien Korona di Jatim, 63 di Antaranya Berhasil Sembuh

5 Mitos Ini Dipercaya Banyak Orang, Apa Kamu Termasuk?

5 Mitos Ini Dipercaya Banyak Orang, Apa Kamu Termasuk? Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pernakah kamu mendengar larangan yang tidak masuk akal dari orang tuamu atau cerita aneh dari teman mainmu saat masih kecil?

Beberapa dari mitos yang disebarkan mungkin bermanfaat, tapi kebanyakan mitos hanyalah pernyataan hoax yang tidak jelas asal usulnya. Bisa jadi beberapa mitos tersebut ada dalam daftar yang akan kita bahas berikut ini.

Dan inilah 5 mitos yang masih banyak dipercaya orang Indonesia:

Baca juga: Mitos Burung Tekukur

1. Minum 8 Gelas Sehari


Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Minum air minimal 8 gelas sehari adalah nasehat yang sudah lama digaung-gaungkan. Faktanya, kebutuhan cairan pada setiap orang berbeda-beda.

Manfaat dari minum 8 gelas sehari sering dibesar-besarkan dan ditumpangi kepentingan, misalnya dari perusahaan air minum kemasan. Minum air ketika tidak merasa haus justru dapat mengganggu konsentrasi, jadi pada intinya minumlah saat kamu merasa haus.

2. Bercukur Membuat Rambut Makin Lebat

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pernah dengar bahwa mencukur rambut di tubuhmu akan membuatnya semakin lebat, kasar, dan berwarna gelap?

Rambut yang tumbuh lebih lebat, kasar, dan berwarna gelap dipengaruhi oleh hormon pada tubuh. Jadi bercukurlah kalau rambut di badanmu sudah membuatmu tidak nyaman. Santai saja, itu tadi cuman mitos kok

Baca juga: Bunga Wijaya Kusuma

3. Sabun Membunuh Bakteri

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Banyak sekali iklan yang mengklaim sabun mampu membunuh bakteri. Ada yang mulai mengatakan 99%, kemudian dibuat lebih dramatis dengan 99,99% dalam waktu 10 detik, dan lain sebagainya.

Faktanya, tidak ada sabun yang benar-benar dapat membunuh semua bakteri jahat, mereka hanya memindahkan bakteri itu dari tanganmu ke pembuangan air. Kesimpulannya, iklan mereka dibuat berlebihan agar produknya laku keras di pasaran.

4. Manusia Hanya Memiliki 5 Indera

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Manusia normal hanya memiliki 5 indera, itulah doktrin yang sudah melekat lama dalam kehidupan masyarakat. Karena doktrin itulah, pemilik Six Sense dianggap sesuatu yang aneh dan unik. dianggap sesuatu yang aneh dan unik.

Nyatanya, setiap manusia memiliki sedikitnya 21 indera. Mulai dari indera perasa panas, indera pengenal waktu, indera merasakan capek, indera merasa sakit, dan lain-lain.

5. Pola Makan dan Olahraga

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Mayoritas orang menganggap bahwa jika mereka sudah dengan teratur berolah raga, maka mereka sudah tidak perlu lagi untuk mengatur pola makan mereka. Prinsip ini sebenarnya salah besar.

Para atlet selalu menjaga pola makannya agar bentuk tubuhnya tetap ideal dan masa otot tidak melemah. Jika seseorang ingin menjaga masa ototnya, maka dia harus mempertahankan latihan otot dan tentu saja asupan energi di makanannya.

Sebaliknya, jika seseorang hanya fokus pada latihan otot tanpa mengatur asupan energi, semuanya tentu akan sia-sia.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: