Pantau Flash
Peneliti Indonesia Ikut Riset Gabungan Temuan Obat Covid-19 di Bawah WHO
Presiden Jokowi: Pemerintah dengan BI dan OJK Optimalkan Kebijakan Moneter
Kepanikan Akibat Korona Mereda, BI: Modal Asing Mulai Masuk
Seluruh Atlet PBSI Negatif COVID-19 Usai Jalani Rapid Test
Pegadaian Ajak Masyarakat untuk Gunakan Transaksi Digital

5 Negara di Dunia yang Melarang Warganya Merokok di Sembarang Tempat

5 Negara di Dunia yang Melarang Warganya Merokok di Sembarang Tempat Stop Merokok. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Perokok di dunia jumlahnya begitu besar bahkan Menurut data WHO hampir 1/7 dari seluruh populasi manusia di dunia adalah perokok, tak heran jika penderita kanker maupun penyakit lain yang disebabkan oleh rokok semakin bertambah setiap tahunnya.

Mengingat rokok memiliki ancaman kesehatan yang sangat tinggi, nyatanya ada beberapa negara di dunia yang melarang keras masyarakatnya untuk merokok.

Berikut lima negara di dunia yang melarang warganya merokok di sembarang tempat.

1. Afrika Selatan

Afrika Selatan sejak 2009 sudah mengeluarkan aturan yang melarang pengemudi merokok di dalam mobil yang ditumpangi anak 12 tahun demi alasan kesehatan, mengutip National Council Against Smoking di negara itu. Bahrain dan Uni Emirat Arab juga memberlakukan peraturan yang sama pada 2009 dan 2010.

Baca Juga: Infografis Mengenal Pneumonia, Penyakit yang Diidap oleh Maurizio Sarri

2. Australia

Australia secara bertahap memberlakukan larangan merokok sambil mengemudi, mulai dari negara bagian Austalia Selatan pada 2007, Tasmania, Victoria, New South Wales, Queensland hingga Australia Utara pada 2014.

3. Inggris

Inggris melarang kegiatan menghisap tembakau di dalam mobil pribadi sejak 1 Oktober 2015 demi melindungi anak di bawah 18 tahun dari asap rokok menurut warta BBC. Langkah itu diikuti Wales dan Skotlandia.

Baca Juga: Infografis 5 Kampus Non Vokasi Terbaik di Indonesia Tahun 2019

4. Skotlandia

Skotlandia meloloskan Rancangan Undang-Undang Larangan Merokok pada Desember 2015 bagi warganya saat berkendara. Selain itu diberlakukan juga pengenaan denda bagi siapa saja yang merokok dalam mobil pribadi dengan penumpang di bawah 18 tahun akan menghadapi denda di tempat 100 pound atau denda sampai 1.000 pound.

5. Prancis

Prancis sejak 2016 melarang kegiatan merokok di dalam mobil pribadi yang ditumpangi anak di bawah 12 tahun. Sedangkan Siprus melarang hal serupa dilakukan jika ada penumpang di bawah 16 tahun dan Mauritius melarang pengemudi merokok apabila membawa penumpang, tanpa menerapkan batasan umur.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - ANU
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: