Pantau Flash
Asap Tebal Selimuti Gedung DPR RI
Melonjak Rp5.000, Harga Emas Antam Cetak Rekor Tertinggi
Bappenas dan Denmark Kolaborasi dalam Pengembangan Ekonomi Sirkular
Quartararo Tercepat di Hari Kedua Uji Coba Qatar
Ji Xinping: Perjuangan China Hadapi Korona Masih pada Tahap Genting

5 Negara yang Pernah Dijajah oleh Indonesia

5 Negara yang Pernah Dijajah oleh Indonesia Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sejarah yang kita pelajari di sekolah bahwasannya Tanah Air kita ini pernah dijajah oleh Belanda dan Jepang. Saat zaman penjajahan tersebut kehidupan rakyat Indonesia sangatlah sengsara dan harus menjalani kerja paksa.

Baca juga: 5 Kota yang Menyandang Status Terpadat di Indonesia, Cek Kotamu Masuk Gak?

Tapi mungkin tak banyak yang tahu jika Indonesia juga pernah menjajah negara lain. Bukti-bukti sejarah mengenai penjajahan Indonesia terhadap negara lain pun cukup kuat.

Berikut ini adalah 5 negara yang pernah dijajah Indonesia:

1. Timor Leste

7 Desember 1975, Operasi Serojo menjadi sandi invansi Indonesia ke Timor Timur. Penyerbuan tersebut didasarkan atas adanya peran Amerika Serikat dan Australia yang mendesak Fretilin yang berpaham komunisme tak berkuasa di Timor Timur. Di sisi lain juga sebagian rakyat Timor Timur berkehendak untuk bersatu dengan Indonesia.

2. Papua Barat

Pada buku sejarah yang kita pelajari, Operasi Trikora yang bertujuan untuk pembebasan Irian Barat bukanlah sebuah bentuk penjajahan. Selama 2 tahun usaha Indonesia untuk menggabungkan wilayah Papua bagian barat. Presiden Soekarno pada 19 Desember 1962 mengumumkan pelaksanaan Trikora di Alun-alun Utara Yogyakarta. Saat itu juga Soekarno membentuk Komando Mandala yang dipimpin oleh Mayor Jenderal Soeharto. Tugas dari komando sendiri adalah merencanakan, mempersiapkan, dan menyelenggarakan operasi militer untuk menggabungkan Papua bagian barat dengan Indonesia.

3. Malaysia

Permusuhan Indonesia dengan Malaysia sudah dimulai sejak 20 Januari 1963, sikap tersebut diumumkan langsung oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Soebandrio. Pada 12 April, sukarelawan Indonesia (sepertinya pasukan militer tidak resmi) mulai memasuki Sarawak dan Sabah untuk menyebar propaganda dan melaksanakan penyerangan dan sabotase. Tanggal 3 Mei 1963 di sebuah rapat raksasa yang digelar di Jakarta, Presiden Sukarno mengumumkan perintah Dwi Komando Rakyat (Dwikora) yang isinya: Pertinggi ketahanan revolusi Indonesia, Bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Sarawak dan Sabah, untuk menghancurkan Malaysia 

4. Singapura

Indonesia terlibat konfrontasi dengan Malaysia dan Singapura, dua orang sukarelawan bernama Usman dan Harun pun mendapatkan tugas untuk menjadi penyusup. Usman dan Harun tergabung dalam tim sabotir. Kedua relawan itu diberikan wewenang untuk menentukan sendiri target peledakan pada 8 Maret 1965 malam dengan berbekal 12.5 kg bahan peledak.

Target yang dipilih oleh Usman dan Harun adalah bangunan Mc Donald di Orchard Road, sesuai dengan hasil pengintaian. Kejadian itu menelan korban 3 orang tewas dan sejumlah lainnya luka-luka.

Baca juga: Selain Indonesia, Ini 5 Negara Paling Santai di Dunia

5. Indochina (Kamboja dan Vietnam)

Sriwijaya telah melakukan invasi dan kolonisasi di hampir seluruh kerajaan-kerajaan Asia Tenggara, hal itu dibuktikan dari catatan sejarah dan bukti arkeologi, pada abad ke-9. Dominasi atas Selat Malaka dan Selat Sunda, menjadikan Sriwijaya sebagai pengendali rute perdagangan rempah dan perdagangan lokal yang mengenakan biaya atas setiap kapal yang lewat. Sriwijaya mengakumulasi kekayaannya sebagai pelabuhan dan gudang perdagangan yang melayani pasar Tiongkok, dan India.


Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: