Pantau Flash
Ada Fenomena CENS dari Laut China Selatan dalam Banjir Jakarta
Marquez Akui Sempat Kesulitan dengan Motor Baru Honda
Rupiah Ditutup Melemah di Level Rp13.887 per Dolar AS
Eks Presiden Mesir Hosni Mubarak Meninggal Dunia di Usia 91 Tahun
Akibat Korona, Luhut: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Tertunda

5 Olahraga Ini Harus Dihindari Ketika Berusia di Atas 50 Tahun

5 Olahraga Ini Harus Dihindari Ketika Berusia di Atas 50 Tahun Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Adalah fakta yang terkenal bahwa berolahraga setiap hari bermanfaat bagi kesehatan Anda dan dokter menyarankan agar orang-orang dari semua kelompok umur harus melakukan aktivitas fisik.

Menjaga diri Anda aktif secara fisik meningkatkan tingkat energi Anda, meningkatkan fungsi otak, menurunkan risiko penyakit kronis dan mencegah hilangnya memori di kemudian hari.

Namun, seiring bertambahnya usia, otot Anda mulai kehilangan massa otot, kekuatan, dan fungsi. Menurut sebuah penelitian, massa otot berkurang 3-8% per dekade setelah usia 30, dan angka ini bahkan lebih tinggi setelah usia 60 tahun.

Ada latihan-latihan tertentu seperti jogging, berenang, dan berjalan yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Namun, ada jenis-jenis latihan lain yang orang tidak boleh mempertimbangkan melakukan setelah usia 50 untuk menghindari kemungkinan cedera.

Berikut 5 latihan yang perlu dihindari oleh anda yang berusia diatas 50 tahun.

1. Leg Press


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Jika Anda menderita radang sendi dan masalah kesehatan lain yang terkait dengan sendi seperti asam urat, keseleo, tegang, dan radang kandung lendir, Anda harus menghindari melakukan latihan leg press. Latihan ini dapat membuat ketegangan yang tidak perlu pada lutut dan dapat mempengaruhi ligamen dan tendon yang mengelilingi sendi lutut Anda.

Baca Juga: Lansia yang Sering Tidur Siang Lebih Rentan Terkena Stroke

2. Deadlifts


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Deadlift adalah latihan intensitas tinggi yang dapat menempatkan Anda pada risiko cedera lutut, terutama ketika Anda berusia di atas 50 tahun. Semakin tua usia Anda, otot-otot Anda mulai kehilangan kekuatan mereka dan ini dapat menyebabkan cedera tulang belakang.

3. Jongkok


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Karena, latihan jongkok melibatkan banyak persendian, itu dapat menyebabkan sakit lutut atau cedera. Jika Anda menderita osteoarthritis atau cedera atau trauma pada lutut, Anda harus menghindari jongkok.

Baca Juga: Konsumsi 5 Nutrisi Ini untuk Stamina Prima Saat Olahraga Lari

4. Bench Press


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Melakukan bench press secara tidak tepat dapat menyebabkan cedera pada bahu, pergelangan tangan, dan otot dada. Tetapi, ketika Anda bertambah tua, sendi Anda tidak akan mampu menangani tekanan dan berat yang terlibat dalam latihan bench press. Ini bisa menempatkan Anda pada risiko cedera yang lebih besar.

5. Lat-pulldown


Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Lat pulldown adalah latihan yang bekerja beberapa sendi dan otot sekaligus. Latihan ini mengharuskan Anda menarik beban di belakang punggung dan memberikan banyak tekanan pada kapsul sendi anterior bahu dan pada akhirnya dapat menyebabkan robekan rotator cuff.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam

Berita Terkait: