Pantau Flash
Hasil Survei: Ahok Unggul Atasi Banjir-Macet Ketimbang Anies
Ahsan/Fajar Bawa Indonesia Juara Badminton Asia Team Championships 2020
Andre Rosiade Grebek Prostitusi Online, Gerindra: Itu Tidak Salah
5.518 SPBU Akan Dipasang Digital Nozzle
Menko Luhut Beberkan Upaya Indonesia Tekan Defisit Perdagangan

5 Orang dengan IQ Melebihi Albert Einstein, Siapa Saja Mereka?

5 Orang dengan IQ Melebihi Albert Einstein, Siapa Saja Mereka? Albert Einstein (Foto: Instagram/@alberteinstein)

Pantau.com - Mungkin dikatan saat ini IQ rata-rata adalah 100, dan seseorang yang memiliki IQ hingga 140 dianggap jenius. Albert Einstein kemungkinan tak pernah melakukan tes IQ, tetapi ia diperkirakan memiliki IQ hingga 160. Namun, hingga saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut tentang klaim tersebut.

Tidak hanya Einstein, sejumlah orang di belahan dunia ternyata memiliki IQ tinggi yang kerap disebut-sebut seorang jenius.

Siapa saja mereka? Berikut 5 orang dengan IQ tinggi di dunia dikutip dari Readers Digest.

1. Ainan Waley: IQ 263


Ainan Waley. (Foto: ITV/REX/Shutterstock)

Anak yang berasal dari Irlandia ini memiliki IQ 263. Di usia 8 tahun, ia sudah mengambil kursus kimia tahun ketiga di Singapore Polytechnic dan saat berusia 9 tahun, ia telah hafal 518 desimal PI. 

Baca juga: Infografis 5 Pesepakbola dengan IQ yang Hampir Menyamai Albert Einstein

Saat ini di usia 19 tahun, Ainan Waley menunjukkan bakatnya di dunia hiburan, seperti menulis naskah dan menyusun musik untuk sebuah film pendek yang disebut Reflection pada usianya 12 tahun.

2. Marilyn vos Savant: IQ 228

Marilyn vos Savant. (Foto: Ethan Hill)

Ketika Marulyn vos Savant berusia 10 tahun, sebuah tes di Standord-Binet tingkat dewasa mengungkapkan bahwa ia memiliki IQ 228, yang kemudian membuatnya memperoleh rekor Guinness World Record hingga dihapus pada 1990 karena dinilai tidak tepat.

Ia telah menjawab pertanyaan filosofis dan matematis pada pembaca dalam majalah Parade di kolom 'Ask Marylin' sejak tahun 1986.

3. Sho Yano: IQ 200

Sho Yano. (Foto: Anne Ryan/Shutterstock)

Baca juga: Rekor Nilai IQ Albert Einstein Dipecahkan Oleh Seorang Gadis Cilik

Seorang dokter Amerika, Sho Yano mulai kuliah pada usia 9 tahun, dan mendapatkan gelar MD dan PhD pada ia berusia 21 tahun. Ia juga meraih sabuk hitam di Tae Kwon Do dan mulai menulis musik ketika dirinya berusia 4 tahun. Saat ini ia berfokus pada neurologi anak.

4. Rick Rosner: IQ 192-198

Rick Rosner. (Foto: Carole Rosner)

Rick Rosner telah mengikuti lebih dari 30 tes IQ, dan hasilnya mengungkapkan ia memiliki IQ di antara 192 dan 198. Sebelum dikatakan menjadi orang kedua terpandai di dunia yang menjadi penulis untuk sebuah TV, ia bekerja sebagai penari erotis dan nude model. 

5. Jacob Barnett: IQ 170

Jacob Barnett. (Foto: Rex/Shutterstock)

Jacob Barnett didiagnosis dengan moderat untuk autisme berat pada usia dua tahun, dan dokter memperkiran dia tidak pernah bisa belajar untuk mengikat tali sepatunya sendiri. 

Namun, ia bahkan telah menyelesaikan kelas enam hingga 12 dalam waktu kurang dari satu tahun pada usia 10 tahun. Saat ini, ia merupakan seorang fisikawan di usia 13 tahun dan tengah mengejar gelar PhD-nya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam