Pantau Flash
Jasa Marga Pastikan Wakil Jaksa Agung Terlibat Kecelakaan Tunggal
KKP Lumpuhkan Dua Kapal Berbendera Vietnam yang Curi Ikan di Laut Natuna
Ribuan Pekerja di DKI Jakarta Terkena PHK Akibat Pandemi Virus Korona
Kecelakaan di Tol Jagorawi, Wakil Jaksa Agung Dr Arminsyah Meninggal Dunia
Update COVID-19 di Indonesia 4 April: Korban Positif Tembus 2 Ribu Orang

5 Penjara Termewah dan Nyaman di Dunia, Napi Bisa Jera Nggak Ya?

5 Penjara Termewah dan Nyaman di Dunia, Napi Bisa Jera Nggak Ya? Penjara Leoben Justice Centre Steiermark, Austria (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Penjara selalu digambarkan dan diidentikkan ruangan sempit yang sangat kelam. Namun siapa sangka ternyata di beberapa negara penjara dibuat sangat mewah, bahkan di antaranya memiliki beberapa fasilitas yang seharusnya tidak disiapkan.

Dengan begitu, banyak sekali narapidana yang justru merasakan hidup mewah di dalam penjara lantaran fasilitas itu. Ya, yang seharusnya mendapatkan efek jera, malah bisa dibilang santai di dalam terali besi.

Berikut 5 penjara mewah dan nyaman yang ada di Dunia;

1. Penjara Bastoy, Norwegia


Penjara Bastoy, Norwegia (Foto: allthatsinteresting.com)

Sekitar 75 km di lepas pantai Oslo, Norwegia, terdapat pulau yang berisi 115 bandit kriminal. Penjara dengan nama Bastoy itu memang menuai banyak kontroversi yang tak hanya dari dunia luar tapi juga warga Norwegia sendiri.

Pasalnya penjara ini sangat mewah dengan fasilitas mumpuni. Televisi serta meja kerja pun disediakan di dalamnya. Bahkan di penjara ini, juga dapat menampung napi dari berbagai negara.

Baca juga: Kakek 74 Tahun Ini Divonis 45 Tahun Penjara, Alasannya Bikin Emosi

2. Penjara Leoben Justice Centre, Austria


Penjara Leoben Justice Centre, Austria (Foto: Istimewa)

Ternyata tak selamanya penjara menyuguhkan kesan kumuh, angker dan tak manusiawi. Salah satunya adalah penjara Leoben Justice Centre, Austria.

Desain penjara ini juga layak disandingkan dengan hotel bintang lima. Fasilitas tambahan seperti kolam renang, tempat gym, ruang hiburan dan tempat olahraga seperti basket dan futsal.

3. Penjara Aranjuez, Spanyol


Aranjuez Prison, Spanyol (Foto: Istimewa)

Jangan kaget jika bangunan penjara ini tidak seperti rumah tahanan pada umumnya. Karena penjara satu ini terlihat lebih rapi dan lebih berwarna. Bahkan penjara ini sangat ramah bagi keluarga dan anak-anak para narapidana. Penjara  Aranjuez ini juga mengusung tema serta konsep yang unik. 

Terlihat seperti taman kanak-kanak, penjara ini dilengkapi dengan hiasan anak-anak mulai dari gambar stiker kartun, warna tembok, hingga sprei. Hal tersebut dilakukan agar anak dari narapidana tidak merasa bahwa orang tuanya sedang di penjara.

Baca juga: 6 Bulan di Penjara, Zul Zivilia Rindu Anak

4. Penjara Horten, Norwegia


Penjara Horten, Norwegia (Foto: allthatsinteresting.com)

Penjara satu ini merupakan salah satu penjara dengan kualitas hotel bintang empat dan bahkan dinobatkan sebagai penjara paling nyaman di dunia. Penjara yang jauh dari kesan horor menceka ini lebih terlihat dan terasa tenang dan memiliki suasana yang syahdu.

Penjara Horten, Norwegia ini terletak di sebuah pulau kecil. Fasilitas yang disediakan penjara ini sangat lengkap. Dari mulai perpustakaan, lapangan sepak bola, sekolah, gereja, toko, dan pantai. Bahkan di penjara ini juga terdapat komunitas kecil.

5. Penjara Sukamiskin, Indonesia


Penjara Sukamiskin, Indonesia (Foto: Istimewa)

Tahun 2018, seluruh masyarakat Indonesia tak henti-hentinya berbicara mengenai lapas Sukamiskin yang dihuni para koruptor negeri ini.

Di mana setelah salah satu program televisi sidak ke penjara dan menemukan sel-sel yang seharusnya digambarkan dengan penderitaan tapi yang terlihat malah kemewahan.

Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Kontributor - WIL
Penulis
Kontributor - WIL

Berita Terkait: