Pantau Flash
Komisi I DPR: Pelibatan TNI dalam PSBB Diperlukan
Son Heung-min Latihan Perang Kimia
Baleg DPR Agendakan Raker dengan Pemerintah Sebelum Bahas RUU Ciptaker
PSBB DKI Jakarta Berlaku Mulai Jumat 10 April 2020
Laboratorium Rapid Test PCR Korona RSPAD Gatot Soebroto Segera Beropersi

5 Penyakit yang Diakibatkan dari Kolam Renang Umum

5 Penyakit yang Diakibatkan dari Kolam Renang Umum Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Berenang adalah salah satu bentuk latihan terbaik di luar sana. Namun, seperti kebanyakan hal baik bahkan kolam renang pun memiliki konsekuensi negatif tertentu.

Biasanya, kita melihat semua manfaat kesehatan berenang. Penurunan berat badan, toning tubuh, penguatan otot, peningkatan fleksibilitas tubuh, energi booting, mengobati depresi, dan sebagainya. Namun, jika Anda adalah seseorang yang berenang secara teratur, terutama di kolam renang umum, maka Anda harus membuat diri Anda menyadari semua kemungkinan negatifnya.

Sama seperti bagaimana berolahraga di gym sangat sehat, tetapi dilengkapi dengan serangkaian risikonya sendiri, berenang juga memiliki risiko kesehatan potensial tertentu. Menjaga kesehatan yang baik, sehingga kita dapat terbebas dari penyakit dan meningkatkan kualitas hidup kita, harus menjadi prioritas utama kita. Dilansir Boldsky, berikut adalah beberapa cara di mana kolam renang dapat membuat kita sakit.

Baca juga: Rutin Berenang Bisa buat Berat Badan Turun Alami Lho!

1. Diare

Ilustrasi (Pixabay)

Diare adalah bentuk gerakan longgar kronis yang cukup umum ketika orang menderita keracunan makanan, flu, dan sebagainya. Meskipun tampaknya seperti masalah sederhana, diare dapat menyebabkan dehidrasi kronis dan bahkan bisa berakibat fatal ketika tidak diobati.

Kuman spesifik yang dikenal sebagai Cryptosporidium hadir di kolam renang tertentu yang tidak higienis, di mana banyak orang berenang dan meninggalkan jejak urin atau kotoran di belakang karena kesalahan. Kuman ini dapat menyebabkan diare kronis.

2. Iritasi Mata

Ilustrasi (Pixabay)

Jika Anda adalah seseorang yang berenang di kolam umum secara teratur dan Anda mengalami iritasi dan mata merah, itu bisa jadi karena klorin dan desinfektan kimia lain yang digunakan di kolam.

Zat kimia ini dapat mengiritasi jaringan halus mata. Selain itu, kotoran dan keringat yang ditinggalkan oleh orang lain di kolam juga bisa alergi mata.

3. Infeksi Telinga

Ilustrasi (Pixabay)

Ada seluruh jajaran koloni bakteri yang tumbuh di perairan kolam renang dan bahkan dinding kolam, terutama di kolam umum yang digunakan oleh banyak dan kolam tidak higienis. Beberapa jenis bakteri ini dapat masuk ke telinga Anda saat berenang dan menyebabkan infeksi, peradangan, dan gatal-gatal. Jadi, disarankan untuk memakai penutup telinga saat berenang di kolam renang umum.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Setelah Makan Langsung Berenang?

4. Infeksi Kulit

Ilustrasi (Pixabay)

Jika Anda mendapatkan ruam dan gatal-gatal pada kulit Anda akhir-akhir ini, atau bahkan kemerahan dan peradangan yang menyakitkan bernanah, terutama jika Anda adalah perenang biasa, maka kulit Anda bisa terinfeksi dari kolam.

Strain bakteri yang dikenal sebagai Pseudomonas aeruginosa, dapat menyebabkan infeksi kulit pada manusia dan mereka ada di kolam renang. Jadi, mencuci diri Anda dengan sabun desinfektan setelah setiap berenang dan mencuci pakaian renang dengan baik dapat membantu mencegah kondisi ini.

5. Keracunan Makanan

Ilustrasi (Pixabay)

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, ditemukan bahwa setidaknya 60 persen kolam renang umum di sekolah, apartemen, pusat olahraga, adalah rumah bagi bakteri terkenal yang dikenal sebagai E.Coli.

Bakteri ini bertanggung jawab untuk menyebabkan keracunan makanan parah, ketika masuk ke sistem seseorang melalui kulit atau mulut. Jadi, sangat penting untuk memastikan bahwa kolam-kolam itu bersih.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: