Pantau Flash
Kanada Identifikasi Kasus Pertama Virus Corona
Persib Bandung Perpanjang Kontrak Omid Nazari Satu Musim
Hafiz/Gloria Rebut Tiket Final Thailand Masters 2020
43 Narapidana Terima Remisi Imlek pada Tahun 2020
Trump Naikkan Tarif Produk Turunan Baja dan Alumunium Beberapa Negara

5 Senjata Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Memiliki Bahaya Radiasi

5 Senjata Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Memiliki Bahaya Radiasi Sistem persenjataan A R400S buatan Australia memiliki kapasitas sensor yang dipasang di sekitar meriam kecil, senapan mesin berat, atau peluncur rudal, serta bisa dikendalikan dari jarak jauh. (Foto: Electro Optic Systems)

Pantau.com - Senjata memiliki peran sangat vital dan bisa menjadi salah satu faktor kunci kemenangan dalam sebuah medan peperangan.

Untuk itu, sejak zaman dulu saat perang berkecamuk di dunia mulai dari Perang Dunia I hingga Perang Dunia II, banyak negara berlomba-lomba menciptakan senjata paling mutakhir untuk saling menjatuhkan musuhnya.

Lantas senjata apa saja yang dipakai saat perang dan dianggap paling mematikan, berikut daftarnya.

5. Senjata Biologis

Ilustrasi senjata biologis (Foto: Pakistannews.com)

Dalam sejarah konflik peperangan, senjata biologis menjadi salah senjata yang cukup ampuh untuk mematikan musuh karena sifatnya yang sulit terdeteksi namun dapat membunuh pelan-pelan korbannya. Selain itu senjata biologis juga mudah untuk digunakan salah satunya dengan ditembakkan dan meledak di udara. Melalui udara tersebut, pelan-pelan kandungan senjata biologis yang bercampur dengan udara akan dihirup oleh musuh.

Selain itu cara lain juga bisa menggunakan bibit-bibit sumber penyakit yang sengaja dibawa dalam sebuah peperangan. Virus dan bakteri tak mengenal ras dan bangsa dari setiap kelompok yang berperang. Senjata biologis bukan hanya berupa zat atau cairan berbahaya saja, namun juga bisa berupa hewan buas dan mematikan yang diciptakan atau dimanipulasi khusus untuk menyerang target manusia.

Baca juga: Bukti Tunjukkan UEA Pasok Senjata Militer untuk Perang Yaman dari Australia

4. Kapal Selam

Kapal selam (Foto: Reuters)

Kapal selam juga menjadi salah satu sarana untuk memborbardir lawan dengan kekuatan senjata yang memiliki daya jelajah yang cukup jauh. Selain posisinya yang sulit terdeteksi karena berada jauh di dalam laut, kapal selam dilengkapi sistem persenjataan canggih.

3. Senapan Mesin

Senapan mesin (Foto: Istimewa)

Senapan mesin adalah senjata otomatis/semi otomatis yang berbentuk laras panjang dan memiliki beberapa pilihan jumlah peluru yang keluar dalam satu kali tembakan. Senjata ini menggunakan peluru bervariasi. Namun rata-rata berukuran seperti peluru pistol jarak dekat.

Perkembangan senapan mesin cukup pesat selama Perang Dunia II mengubah pertempuran dengan  menjadi lebih cepat dengan saling berbalas tembakan di antara kubu yang berperang. Pada awal abad 21 diperkirakan ada sebanyak 100 juta AK-47 yang beredar di gerilyawan, militan, dan gerakan revolusioner.

2. Nuklir

Parade senjata nuklir (Foto: Sputnik)

Nuklir juga dikenal sebagai senjata perang yang mematikan karena merupakan salah satu pemusnah massal yang tercipta pada Perang Dunia II yang dikembangkan oleh Sekutu. Contoh nyata begitu mematikannya senjata nuklir ini adalah saat dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945 oleh sekutu yang menelan korban hingga lebih dari 70.000 jiwa meninggal.
Meski perjanjian pembatasan senjata secara drastis mengurangi ukuran persenjataan nuklir, masih ada sekitar 15.000 senjata nuklir di Bumi. Lebih dari 90 persen dari senjata-senjata itu milik Amerika Serikat dan Rusia.

Baca juga: Tanpa Pengamanan Senjata, 5 Negara Ini Tak Punya Tentara

1. Senapan Maxim

Senapan Maxim (Foto: Istimewa)

Senjata paling mematikan yang pertama adalah Senapan Maxim Pada 1884, seorang pengacara bernama Hiram Maxim mengombinasikan semua peralatan yang ada saat itu sehingga bisa membuat senjata bernama Senapan Maxim. Senjata ini memiliki pendingin udara yang bisa menembakkan lebih dari 500 putaran per menit pada jarak efektif lebih dari 2.000 yard (1.830 meter). Senjata ini digunakan dalam Perang Dunia I.


Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam

Berita Terkait: