Pantau Flash
Erick Thohir Ganti Dirut PT Pembangunan Perumahan
Doni Monardo Sebut Akan Ada Standarisasi Harga Tes PCR
Gempa M 7,1 Maluku Utara Akibat Subduksi Lempeng Laut Filipina
Seorang Pemain Tottenham Hotspur Positif Terinfeksi COVID-19
Pemerintah Segera Bayar Dana Kompensasi kepada PLN dan Pertamina

5 Tanda Kembung Bisa Jadi Masalah Serius Kesehatan, Salah Satunya Kanker

5 Tanda Kembung Bisa Jadi Masalah Serius Kesehatan, Salah Satunya Kanker Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan kembung di perut, entah karena makan makanan terlalu cepat atau karena berlebihan minum air.

Menurut Johns Hopkins Medicine, makanan yang menghasilkan lebih banyak gas dalam tubuh, seperti bawang putih, kacang-kacangan, dan susu, misalnya, bisa menjadi penyebab perut kembung pada umumnya. Kasus ini, yang disebut kembung jinak, tidak menyebabkan komplikasi kesehatan yang mengancam.

Tetapi jika kembung Anda disertai dengan gejala lain, seperti kelelahan, nyeri sendi, atau hilangnya nafsu makan, itu bisa berarti kembung adalah tanda Anda memiliki masalah kesehatan yang serius.

Berikut adalah tanda-tanda kembung menjadi masalah yang serius untuk Anda dikutip dari Insider.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengecilkan Perut Buncit, yang ke-3 Gampang Banget!

1. Kuku Rapuh

Ilustrasi mengigit kuku. (Foto: Shutterstock)

Jika Anda selalu lelah atau memiliki kuku yang rapuh, bisa menjadi tanda penyakit Celiac. Terkadang kembung dapat mencerminkan ketidakmampuan tubuh Anda menyerap vitamin dan mineral tertentu. Misalnya, orang dengan penyakit celiac, kondisi autoimun, sering kekurangan zat besi. Gejala kekurangan zat besi termasuk kelelahan, kuku rapuh, tangan dingin dan kaki, dan nyeri dada, menurut Mayo Clinic.

Menurut Duker Freuman, jika Anda mengetahui kekurangan zat besi tapi masih diet makanan yang kaya zat besi seperti daging, itu bisa berarti Anda memiliki penyakit celiac.

"Setiap kembung yang disertai dengan kekurangan gizi perlu diperiksa lebih lanjut," kata Duker Freuman kepada Insider.

2. Kehilangan Berat Badan

Ilustrasi timbangan. (Foto: Shutterstock)

Tanda tanda lain kembung bisa menjadi hal serius adalah gejala tambahan penurunan berat badan. Jika Anda kehilangan lebih dari 5% dari berat badan dalam enam bulan untuk waktu satu tahun dan tidak memiliki penjelasan untuk itu, Anda harus memeriksa kondisi kesehatan ke dokter.

Kehilangan berat badan yang ekstrim dan cepat bisa menjadi tanda usus besar, ovarium, paru, atau kanker pankreas, serta tiroid terlalu aktif, diabetes, atau penyakit hati. Dan ya, Anda dapat menurunkan berat badan dan terjadi pembengkakkan pada saat yang sama sejak tumor kanker, misalnya, daerah perut di mana kembung cenderung terjadi, kata Duker Freuman.

Penurunan berat badan dapat terjadi pada saat yang sama karena kanker menguras pasokan energi seseorang dengan cepat.

Baca juga: Bahaya Untuk Tubuh! Jangan Sarapan dengan Jus Jeruk

3. Selalu Merasa Kembung

Ilustrasi kembung. (Foto: Shutterstock)

Ketika kanker, terkadang kembung adalah satu-satunya gejala, menurut Duker Freuman. Dia menjelaskan bahwa tumor kanker sering menumpuk cairan, yang dapat menyebabkan kembung. 

"Terkadang, itu yang pertama dan satu-satunya gejala dengan kanker ovarium, " katanya. Namun, kebanyakan kembung bukan kanker, tapi selalu lebih baik untuk memeriksa ke dokter jika Anda merasa ada yang salah.

4. Selalu Merasa Lelah

Ilustrasi lelah. (Foto: Shutterstock)

Menurut Duker Freuman, kelelahan dicampur dengan kembung bisa menjadi tanda seseorang memiliki kondisi tiroid. Tiroid adalah kelenjar yang duduk di bagian bawah leher dan mengontrol metabolisme dengan melepaskan hormon.

Kelenjar tiroid di beberapa orang tidak cukup dengan mengeluarkan hormon, yang disebut hipotiroidisme. Sedangkan, tiroid yang melepaskan terlalu banyak hormon disebut hipertiroidisme. Dalam kedua kasus, ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan rasa lelah yang terus-menerus.

Menurut Cleveland Clinic, 20.000.000 orang Amerika memiliki kondisi tiroid. Meskipun tidak dapat menyembuhkan kondisi tiroid, Anda dapat mengelola gejala dengan terapi hormon yang baik untuk memblok produksi berlebihan hormon atau menggantikan hilang hormon, menurut Cleveland Clinic.

5. Nafsu Makan Berkurang

Ilustrasi nafsu makanan berkurang. (Foto: iStock)

Hilangnya nafsu makan adalah tanda umum kanker, dan ketika tertarik pada makanan juga dilengkapi dengan kembung, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki kanker ovarium dan harus segera menemui dokter.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: