Pantau Flash
Selamat! 167.653 Peserta Lolos SBMPTN 2020
Kasus Harian Positif di RI Bertambah 2.307 per 14 Agustus 2020
Lampu Lalu Lintas akan Menyala Merah di Peringatan Detik-detik Kemerdekaan
Pemerintah Anggarkan Rp356,5 Triliun Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional
Vaksin Korona Merah Putih Siap Digunakan pada 2022

5 Tanda Menstruasi yang Dapat Ungkap Kondisi Kesehatan Anda

5 Tanda Menstruasi yang Dapat Ungkap Kondisi Kesehatan Anda Ilustrasi. (Shutterstock)

Pantau.com - Bagi perempuan setiap bulannya mereka terbiasa menghadapi masalah, yakni menstruasi. Menstruasi dianggap sebagai tanda vital akan perubahan umum yang sebenarnya bisa menjadi kunci untuk melihat status kesehatan tubuh Anda. 

Dilansir Boldsky, berikut ini adalah tanda-tanda peringatan yang dapat mengindikasikan masalah kesehatan Anda saat menstruasi.

Baca juga: Jangan Sembarangan! 10 Makanan Ini Bisa Memperburuk Kram Menstruasimu Lho

Ilustrasi (Shutterstock)

1. Pendarahan berat

Jika Anda mengalami pendarahan berat meski telah menggunakan banyak produk untuk menahan alirannya, maka ini bisa menjadi indikator tumor fibroid. Jika perdarahan lebih berat terjadi untuk dua siklus atau lebih, maka Anda perlu memeriksanya segera. 

2. Pendarahan ringan

Tak hanya pendarahan berat saja yang berbahaya, pendarahan yang terlalu sedikit juga. Jika aliran darah sedikit dan tidak biasa terjadi kepada Anda, mungkin ini bisa menjadi indikator gangguan tiroid atau jaringan parut di dalam rahim.

Ilustrasi (Shutterstock)

3. Waktu periode yang tak teratur

Memiliki siklus menstruasi yang sulit diprediksi sebenarnya bisa menjadi masalah. Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur untuk sementara waktu, maka Anda perlu bertanya pada ginekologi tentang kemungkinan sindrom ovarium polikistik atau masalah dengan tiroid Anda.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Tentang Menstruasi, Nomor 9 Bikin Kaget!

4. Periode yang dilewati

Ini sebenarnya bisa menjadi bendera merah. Anda harus terlebih dahulu mengesampingkan kemungkinan kehamilan, dan kemudian Anda harus mengevaluasi tingkat stres. Jika Anda telah kehilangan berat badan dan sedang stres, maka itu bisa menghentikan Anda dari ovulasi.

Ilustrasi (Shutterstock)

5. Kram yang sangat menyakitkan 

Terlepas dari kram menstruasi yang normal, endometriosis atau kista dalam ovarium menjadi penyebab utama kram yang memburuk. Fibroi atau tumor jinak juga bisa jadi penyebab ini. Untuk itu, sangat penting untuk Anda memeriksakan diri ke dokter jika mengalami kram yang sangat buruk. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: