Pantau Flash
Lagi, Polisi Grebek Kantor Pinjol Ilegal di Jakut
Polisi Tangkap Ketua Umum GMBI
Edy Mulyadi Tolak Panggilan Hari ini, Bareskrim Siapkan Panggilan Kedua
Waduh, Pengadilan Jakarta Pusat dan Tipikor Tutup Sampai 31 Januari
Edy Mulyadi Tak Penuhi Panggilan Bareskrim, Soal 'Jin Buang Anak'

5 Tips Agar Tidur Kamu Jadi Nyenyak, Nomor 3 Gampang Banget Dicoba!

5 Tips Agar Tidur Kamu Jadi Nyenyak, Nomor 3 Gampang Banget Dicoba! Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sulit tidur pada malam hari terkadang jadi kendala bagi segelintir orang, mungkin termasuk kamu. Terkadang, ada saja orang yang sering terbangun saat tidur dan kesulitan tidur dalam keadaan nyenyak. Tidur bermanfaat dalam menjaga tubuh tetap sehat. Tidur juga membantu menguatkan daya tahan tubuh, menjaga suasana hati (mood), dan menjaga pikiran agar tidak stres.  

Jika kamu mengalami kesulitan tidur nyenyak, ketahui penyebabnya agar bisa diatasi. Berikut 5 tips yang dapat membuat kamu tidur nyenyak pada malam hari:

Baca juga: Benarkah Teh Chamomile Bisa Sebabkan Kantuk Seperti Obat Tidur?

1. Makan ayam

Daging ayam mengandung banyak tryptophan, asam amino yang penting untuk memproduksi serotonin dan melatonin dalam tubuh, dua hormon yang membuat kamu tertidur.


2. Minum teh

Teh chamomile, valerian, lavender dan peppermint membuat anda lebih mudah tertidur. Selain itu, menyesap teh dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga aktivitas dalam otak menurun dan membantu kamu lebih cepat tidur saat merebahkan tubuh di kasur.

Ilustrasi tidur (Foto: Pixabay)

3. Tidur di ruangan gelap gulita

Terpapar sinar membuat tubuh lebih sulit untuk tidur pulas. Itulah mengapa orang yang tidur di bawah lampu yang terang benderang sering merasa lelah bahkan ketika sudah terbangun. Jadi jika kamu ingin tidur lebih nyenyak pada malam hari, matikan lampu dan tutup tirai agar kamar benar benar gelap.

Baca juga: Salah Posisi Tidur Bisa Memudarkan Kecantikan Wanita

4. Tidur di kamar yang sejuk

Entah itu menyalakan kipas angin, atau dengan pendingin ruangan. Tidur di kamar yang dingin lebih baik ketimbang tidur di kamar yang hangat tanpa memakai busana. Faktanya, studi menunjukkan bahwa orang yang tidur di temperatur dingin kehilangan lebih banyak berat badan saat tidur karena lemaknya dibakar untuk menjaga temperatur tubuh.

5. Warnai dinding kamar dengan cat biru

Dari sudut pandang psikologi, warna biru membuat hati lebih tenang. Itulah mengapa designer interior punya rekomendasi mengecat dinding kamar dengan warna biru agar lebih mudah tidur pada malam hari.


Tim Pantau
Editor
Kontributor - TIH
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: