Pantau Flash
Unjuk Rasa di AS Ricuh, 2 Warga Sipil Tewas, Toko Dijarah
Catat Rekor Kasus Baru Korona, Brazil Kawasan Terparah COVID-19
Gitaris Band Legendaris 'KISS', Bob Kulick Meninggal Dunia
Klub Sepakbola La Liga Spanyol Latihan Penuh Mulai 1 Juni 2020
Denda Akibat Pelanggaran PSBB di DKI Jakarta Sentuh Rp600 Juta

5 Tips Kelola Budget Traveling Agar Tak Bengkak

5 Tips Kelola Budget Traveling Agar Tak Bengkak Ilustrasi traveling (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Momen liburan tentu jadi hal yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang hobi traveling. Meski liburan adalah hal yang menyenangkan, sayangnya urusan bujet seringkali membuat para traveler jadi pusing kepala. Permasalahan yang sering dialami adalah soal bujet yang tidak tepat sasaran alias overbudget.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Roma ala Penduduk Lokal, Vintage Banget!

Ya, bujet yang telah direncanakan ternyata meleset dari apa yang sudah diperkirakan sehingga pengeluaran pun menjadi lebih banyak dari yang seharusnya. Nah, kalau tidak mau overbudget untuk yang kesekian kalinya, coba terapkan 5 tips berikut ini agar bujet traveling kamu tepat sasaran. Yuk, disimak! 

1. Rencanakan jauh-jauh hari

Jauh sebelum hari keberangkatan, kamu memang harus merencanakan dan menyiapkannya segala sesuatunya terlebih dahulu. Namun, bukan hanya sekadar merencanakan itinerary atau mempersiapkan perlengkapan traveling saja, kamu juga harus menyiapkan bujet yang akan dikeluarkan selama liburan nanti, termasuk bujet transportasi.

Nah, kalau Jogja adalah tujuan liburanmu kali ini, segeralah cek harga tiket pesawat ke Jogja agar budgeting bisa langsung dibuat. Usahakan untuk mencari tiket promo guna menghemat bujet selama traveling. 

Selanjutnya, siapkan buku catatan dan mulailah untuk membuat perencanaan biaya traveling. Ingat, rencana yang dipersiapkan jauh-jauh hari saja masih belum tentu berjalan sesuai keinginan apalagi kalau kamu tidak mempersiapkan bujet yang akan dikeluarkan. Yang ada rencana liburanmu jadi kacau akibat uang yang dikeluarkan melebihi batas maksimal.

2. Masukkan biaya tak terduga

Kalau ingin bujet traveling-mu tepat sasaran, cobalah untuk memasukkan biaya yang tidak terpikirkan atau tidak terduga dalam daftar budget-mu. Tujuan dilakukan cara ini adalah untuk mengantisipasi hal-hal yang di luar rencana. Kalaupun ada sesuatu yang terjadi dan kamu harus mengeluarkan biaya tambahan, kamu tidak akan kewalahan dan dibuat pusing karenanya.

Selain itu, dengan memikirkan biaya tak terduga ini lebih dulu sebelum berangkat, kamu akan meminimalisir hal-hal yang mungkin kamu anggap dapat membuat pengeluaran melebihi yang direncanakan. Intinya, sih, kamu harus mengantisipasinya terlebih dahulu sebelum traveling.

3. Berdiskusi dengan orang yang lebih berpengalaman

Kalau kamu masih kesulitan dalam membuat perencanaan biaya liburan, alangkah baiknya untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman. Diskusikan hal tersebut pada orang-orang yang sudah sering traveling atau pada orang yang punya pengalaman terkait rencana liburan yang akan kamu lakukan. Dengan begitu, kamu jadi punya gambaran besar tentang rencana travelingmu, termasuk untuk urusan bujet.

4. Pisahkan antara keinginan pribadi dengan bujet traveling

Banyak hal yang bisa bikin bujet traveling membengkak, misalnya karena keinginan pribadi. Jika tak Ingin overbudget, bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Ingat, keinginan pribadi itu sifatnya bisa ditunda. Berbeda dengan kebutuhan pribadi yang sifatnya mendesak dan tidak bisa ditunda. Oleh karena itu, sebelum mengeluarkan uang untuk keinginan pribadi yang tidak terlalu kamu butuhkan, pikirkan dulu soal bujet traveling-mu, ya!

Baca juga: 5 Destinasi Wisata yang Cocok untuk Kaum Milenial

5. Berpikir dengan tenang dan logis

Jangan melakukan semuanya dengan terburu-buru karena hal tersebut bisa menyebabkan bujet traveling meleset. Ya, mungkin saja karena terlalu bersemangat dengan rencana traveling, kamu jadi tidak dapat memperhitungkan dengan tepat berapa bujet traveling yang diperlukan. Jadi, walaupun bersemangat usahakan tetap tenang dan berpikir logis, ya, agar rencana travelingmu berjalan lancar sesuai yang diharapkan.

Jadi, sudah siap liburan? Yuk, atur financial kamu sekarang juga!

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: