Pantau Flash
Positif COVID-19 di DKI Jakarta Bertambah Terus hingga 7.153 Kasus
Kasus Positif COVID-19 RI 25.773, Nihil Kasus Baru di 10 Provinsi
Desak Presiden Jokowi Mundur, Ruslan Buton Dibawa ke Jakarta
AS Akhiri Hubungan dengan WHO, Trump: Mereka Dikendalikan China
Ada 4.599 Kendaraan Menuju Jakarta Diputarbalik

5 Tips Merawat Janggut bagi Kamu yang Ingin Tampil Kece!

Headline
5 Tips Merawat Janggut bagi Kamu yang Ingin Tampil Kece! Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pria dengan janggut belakangan ini kembali menjadi populer. Janggut yang biasanya identik dengan orang tua, kini banyak digemari anak muda untuk menambah kesan maskulin dan ketampanan.

Namun janggut yang menawan tidak terjadi secara alami, kita harus menyisihkan waktu untuk perawatan agar janggut terlihat indah.

Untuk merawat janggut inilah panduan dasar alat yang kamu butuhkan:

Baca juga: 5 Tips Kelola Budget Traveling Agar Tak Bengkak

1. Pemangkas janggut

Aturan pertama untuk menjaga kerapian janggut adalah secara konsisten memangkas rambut-rambut liar. Jadi sisihkan sedikit uang untuk membeli alat cukur janggut yang baik. Tujuannya adalah memangkas garis rambut di leher sehingga memastikan janggut tumbuh sesuai dengan bentuk wajah Anda. Pemangkas yang baik biasanya memiliki pisau lebih tajam dan tahan lama. Penggunaannya disesuaikan dengan seberapa sering janggut Anda tumbuh liar. Alat ini bertujuan untuk menjaga bentuk janggut Anda.

2. Shampo janggut

Seperti rambut di kepala, janggut juga memerlukan shampo agar terlihat tetap segar dan lembut. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa sampo rambut juga bisa bekerja dengan baik untuk sampo janggut. Tapi kamu salah. Sebab, bagian kulit kepala dan kulit dagu kamu memiliki tingkat sensitivitas berbeda bila terpapar bahan kimia. Jadi ada baiknya kamu menggunakan shampo khusus janggut. 


3. Minyak janggut

Seperti juga rambut, janggut terkadang terlihat jarang-jarang dan sulit diatur. Untuk itu minyak janggut jadi penting digunakan. Caranya, gosok beberapa tetes ke tangan, lalu pijat ke arah dagu sebelum menyisirnya. Ini akan memberikan kelembaban alami pada janggut dan mencegah janggut tumbuh terlalu kering dan kasar. Kabar baiknya, sebagian besar minyak janggut menggunakan minyak esensial dengan harum yang memikat. Kamu bisa menggunakan minyak ini setiap hari.

4. Sisir janggut

Sisir janggut berfungsi menjaga agar janggut tetap turun ke bawah dan mengurangi kesan kusut dan acak-acakan. Ini juga bisa digunakan untuk memastikan minyak janggut tersebar merata ke semua rambut di janggut. Maka tak ada salahnya membeli sisir kecil yang mudah dibawa.

Baca juga: Waduh, Tiup Lilin Kue Ulang Tahun Bisa Picu Penyakit!

5. Gunting kecil dan pencabut bulu

Dua alat ini amat penting untuk menjaga kerapian janggut. Sebab, bisa saja kamu sudah merapikan, tapi masih ada satu sampai dua helai yang keluar dari alur yang dibentuk. Maka ini adalah tugas kedua alat ini. Caranya, gunting rambut liar itu atau sekalian dicabut. Kamu bisa menggunakannya setiap hari atau kalau dirasa penting.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: