Pantau Flash
Pemprov DKI Perpanjang Imbauan WFH Hingga 19 April
Jokowi: Pembebasan Hanya untuk Napi Umum, Bukan Koruptor!
Harga Emas Antam Turun Jadi Rp931.000 per Gram
Mendes PDTT Perbolehkan Dana Desa untuk Bangun Pos Jaga di Gerbang Desa
Rupiah Terkoreksi Melemah di Awal Pekan, Rp16.500 per Dolar

5 Tips Mudah Buat Kamu yang Ingin Berhenti Merokok, Nomor 3 Gampang Banget!

Headline
5 Tips Mudah Buat Kamu yang Ingin Berhenti Merokok, Nomor 3 Gampang Banget! Ilustrasi rokok. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Berhenti merokok jadi hal yang sulit untuk dilakukan para perokok. Rasa candu dan faktor kebiasaan yang sudah dilakukan bertahun-tahun jadi salah satu alasan. Bagi para perokok, siapa yang memungkiri jika perpaduan rokok, gorengan, dan secangkir kopi adalah paduan yang nikmat untuk disajikan di pagi hari.

Namun, di balik kenikmatan itu ada sisi negatifnya lho. Kamu tak bisa menyangkal jika rokok tidak baik untuk kesehatanmu. Sebelum diprotes keluarga atau divonis dokter sakit keras, ada baiknya kamu berhenti mulai dari sekarang.

Nih, Pantau.com berikan tips untuk kamu yang ingin berhenti merokok.

1. Bulatkan tekad untuk berhenti merokok

Sebuah riset psikologi menyebutkan kamu akan lebih mungkin berhenti merokok jika tahu betul dampak merokok bagi kesehatan dan percaya manfaat dari berhenti lebih besar daripada manfaat terus merokok.


2. Bersiaplah untuk memilih tanggal berhenti merokok

Ini adalah langkah yang sangat penting. Pilih hari tertentu sebagai "Hari Istimewa untuk Tidak Merokok". Misalnya, kamu dapat menetapkan tanggal berhenti 2 sampai 4 pekan dari sekarang sehingga kamu akan memiliki waktu untuk bersiap-siap.

Singkirkan semua rokok dan asbak di mobil rumah dan di tempat kerja. Jangan biarkan orang merokok di rumah kamu. Review masa lalu kamu untuk berhenti merokok. Jika kamu ditawari rokok, beranilah berkata,"Tidak terima kasih, saya tidak merokok."

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

3. Dapat dukungan dan dorongan dari orang terdekat

Kamu memiliki kesempatan yang lebih baik untuk sukses jika kamu memperoleh bantuan. Beritahu keluarga, teman, dan rekan kerja bahwa kamu akan berhenti merokok. Mintalah kepada mereka untuk tidak merokok di sekitar kamu.


4. Cari dan dapatkan pengobatan dengan benar 

Obat-obatan seperti bupropion membantu beberapa orang berhenti merokok. Obat-obatan ini tidak mengandung nikotin, tetapi membantu kamu untuk melawan dorongan merokok.

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

5. Teruslah berusaha dan jangan cepat menyerah 

Jangan berkecil hati jika kamu mulai merokok lagi. Ingat, kebanyakan orang mencoba beberapa kali sebelum mereka akhirnya berhenti.

Berikut adalah beberapa situasi sulit yang harus diwaspadai:

Berada di sekitar perokok bisa membuat kamu ingin merokok. Bad mood atau depresi - Ada banyak cara untuk meningkatkan mood selain beralih ke merokok.

Ketika kamu berujar dalam hati, hanya nikotin yang memberikan tendangan semangat, maka nikotin bukanlah salah satu penyebab kanker. Itu hanyalah alasan kamu mendambakan rokok. Jadi, kamu dapat mempertimbangkan produk pengganti nikotin. Produk ini mencakup beberapa bentuk: gum, patch, nasal spray, inhaler, dan permen.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: