Pantau Flash
Jaksa Agung Bantah Pernah Komunikasi dengan Djoko Tjandra
PSBB Ketat Jakarta Kembali Diperpanjang 14 Hari
Kasus Positif COVID-19 di RI Capai 262.022, Jumlah Meninggal Dunia 10.105
Febri Diansyah Mundur dari KPK
Idap Kanker Paru Stadium 4, Suami Bupati Bogor Ade Yasin Tutup Usia

5 Tips Taklukkan HRD Saat Wawancara Kerja, Auto-Diterima

5 Tips Taklukkan HRD Saat Wawancara Kerja, Auto-Diterima Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Menjadi pengangguran itu gak enak, tapi untuk mendapatkan pekerjaan kita juga harus berkompetensi dengan jutaan orang lainnya. Oleh karena itu, ketika kamu mendapat kesempatan wawancara kerja, jangan sampai peluang itu disia-siakan.

Baca juga: Ini Dia 5 Unsur Kimia Paling Canggih dan Unik di Dunia

Baca juga: Ini Dia 5 Unsur Kimia Paling Canggih dan Unik di Dunia

Selain CV dan psikotes, wawancara kerja adalah bagian yang paling menentukan kamu diterima atau tidaknya kerja di sebuah perusahaan. Sedikit saja kamu melakukan kesalahan saat wawancara kerja, bisa-bisa pupus sudah harapan untuk diterima kerja.

Berikut ini adalah 5 tips wawancara kerja yang bisa bikin HRD terpikat dan kamu auto diterima.

1. Kamu harus siap

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Penting untuk siap secara fisik dan mental, selain itu juga memiliki persiapan pengetahuan mengenai jobdesk serta perusahaan yang kamu lamar. HRD akan senang ketika calon karyawan yang di wawancarainya mengetahui banyak mengenai tugas dan perusahaan.

2. Penampilan menarik

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Hal pertama saat kamu akan melakukan wawancara dengan HRD yang akan dinilai adalah penampilan. Kamu harus bisa berpenampilan menarik rapih, bersih dan wangi, karena biar bagaimanapun penampilan sangatlah penting meski harus diberengi dengan 'isi'. Apalagi jika kamu melamar pekerjaan yang nantinya akan bersinggungan dengan klien seperti marketing atau sales, maka penampilan harus bisa memberikan kesan.

3. Santai, hangat dan komunikatif

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Jangan terlalu tegang saat melakukan wawancara dengan HRD, tetap santai dan menjawab setiap pertanyaan secara komunikatif tidak kaku. Tunjukkan pula sikap hangat kepada HRD itu cukup penting.

Sampaikan segala sesuatu tentang pengalaman atau kelebihan dan prestasi mu yang tak tercantum di CV. Jangan sampai saat melakukan wawancara kamu hanya memberikan jawaban-jawaban yang singkat, itu akan terlihat seperti kurang antusias.

4. Jadi diri sendiri

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Penting untuk menjadi diri sendiri, jangan berusaha menarik perhatian HRD dengan hal-hal yang diluar diri kamu. Tunjukan kelebihan dan minimalisir kekurangan tapi tidak harus menjadi orang lain. HRD pada umumnya dibekali ilmu psikologis yang bisa membaca setiap gerak-gerik orang yang jujur atau berbohong.

Baca juga: Stres dan Cemas Bisa Berdampak Baik Asal Tak Sampai Level Kronis

5. Siapkan kalimat perkenalan yang menarik

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Meski perkenalan adalah hal yang biasa, tapi jika kamu bisa mengemas kalimat perkenalan diri dengan menarik, maka hal itu bisa saja menjadi penentu suksesnya wawancara kerja. Perkenalan diri yang menarik akan membuat kamu terlihat kreatif dan memperhatikan hal detail, karaker yang dibutuhkan perusahaan untuk calon karyawannya.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: