Pantau Flash
Menkes Terawan: 9 WNI Positif Korona di Diamond Princess Tidak Sakit Berat
Kompetisi J-League Ditunda Akibat Virus Korona
Pemerintah Berikan Diskon Tarif Pesawat Akibat Serangan Korona
Komisi III DPR RI Desak MenkumHAM Yasonna Laoly Evaluasi Pegawai
Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Mahasiswa IPB Jadi Petani Modern

5 Tradisi Unik di Dunia yang Jarang Diketahui, Ada Menyapa dengan Ludah

5 Tradisi Unik di Dunia yang Jarang Diketahui, Ada Menyapa dengan Ludah Suku Maasai (Foto: Reuters/Baz Rutner)

Pantau.com - Kebudayaan dan tradisi menjadi sesuatu hal yang unik dan menarik untuk dipelajari. Kepercayaan dan perilaku yang turun temurun dari generasi ke generasi menjadikan tradisi sebagai sesuatu yang dihormati dan dianggap sakral bagi setiap individu.

Di berbagai belahan dunia memiliki ribuan tradisi yang tentunya memiliki nilai kesakralan sendiri bagi yang menjalankannya.

Pantau.com merangkum beberapa tradisi di berbagai tempat di dunia yang jarang diketahui oleh masyarakat.

1. Pengantin Baru Tak Boleh Buang Air Tiga Hari


Pernikahan Suku Tidung (Foto: Istimewa)

Ritual pernikahan terkadang memiliki unsur-unsur keunikannya tersendiri sebagai bagian dari sebuah tradisi. Salah satunya yang dilakukan oleh suku Tidung dari Kalimantan ini. Sesuai dengan kepercayaan adat, warga Suku Tidung yang baru saja melangsungkan pernikahan dilarang untuk melakukan buang air selama tiga hari tiga malam. Mereka percaya jika tidak menjalankan larangan ini maka nasib buruk akan menimpa pasangan pengantin.

Oleh karena itu, agar syarat ini dapat mereka jalankan dengan baik, mereka mengantisipasi dengan hanya makan dan minum sedikit. Tradisi ini juga melibatkan beberapa orang lain untuk mengawasi pasangan pengantin agar berhasil melewatinya.

Baca juga: 5 Hotel Unik Tapi Menyeramkan, Cocok Buat Kamu yang Punya Nyali

2. Menyapa Seseorang dengan Meludah


Suku Maasai (Foto: Reuters/Baz Rutner)

Meludah sembarangan bagi sebagian orang dan sebagian tempat merupakan sebuah tindakan yang menunjukkan sesuatu yang tidak sopan. Namun beda cerita dengan Suku Maasai di Kenya.

Bagi mereka meludah adalah bentuk rasa hormat mereka ketika menyapa seseorang. Suku Maasai akan meludah ke telapak tangan dan menyalami seseorang dengan menggoyangkan tangannya. Perlakuan ini juga berlaku pada bayi yang baru lahir dan pengantin wanita untuk memberkati mereka dan dianggap dapat membawa keberuntungan.

3. Dilarang Memberikan Mawar Kuning


(Foto: Pixabay)

Mawar merupakan bunga yang sangat indah dan memiliki makna tersendiri bagi setiap orang. Bunga ini menjadi salah satu lambang romantisme para pasangan yang tengah dimabuk asmara.

Namun beda halnya yang terjadi di Meksiko. Memberikan Bunga Mawar terutama Mawar berwarna kuning menjadi hal yang dilarang karena di Meksiko warna tersebut dianggap sebagai lambang kematian.

Baca juga: 5 Pasar Terapung Paling Unik di Asia yang Masih Beroperasi hingga Sekarang

4. Menghancurkan Perabotan Sebelum Pernikahan


(Foto: Pixabay)

Tradisi menghancurkan piring sebelum berlangsungnya pernikahan ini berlangsung di Jerman. Tradisi yang ini bernama Polterabend ini dilakukan oleh warga yang tetangganya akan menikah dengan membawa piring yang akan dipecahkan di depan rumah calon pengantin.

Tentu saja pasangan calon pengantin lah yang harus membereskan kekacauan tersebut dan hal ini diyakini akan membawa keberuntungan bagi pasangan pengantin.

5. Melempar Kayu Manis ke Seseorang yang Masih Lajang


(Foto: Pixabay)

Di Denmark, ketika seseorang tetap melajang pada hari ulang tahunnya, maka teman-temannya akan melempari mereka dengan bubuk kayu manis.

Kebiasaan ini di lakukan karena dahulu para pedagang rempah-rempah Denmark sering tidak punya waktu untuk menikah akibat seringnya melakukan perjalanan ke seluruh benua.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam

Berita Terkait: