Pantau Flash
Kemenkes Catat 1,4 Juta Penduduk Indonesia Sudah Divaksin COVID-19
Bertambah 8.493, Total Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Kini 1.314.634
Buntut Penembakan TNI Cengkareng, Propam Polri Larang Polisi ke Kafe dan Minum Miras
Sebanyak 4.269 Pasien COVID-19 Dirawat di RSD Wisma Atlet
Bripka CS Jadi Tersangka Penembakan Anggota TNI di Cengkareng

5 Ustaz Milenial Ini Bikin Kaum Muda Yakin Berhijrah

5 Ustaz Milenial Ini Bikin Kaum Muda Yakin Berhijrah Hanan Attaki (Foto: Instagram/@hanan_attaki)

Pantau.com - Dakwah kini bukan hanya bisa dilakukan secara konvensional. Perkembangan era digital membuat dakwah kini lebih luas dalam menyampaikannya baik dalam konteks media atau pun tata bahasanya yang lebih kekinian sehingga bisa diterima oleh anak muda.

Beberapa ustaz menyadari hal itu, dan menjalankan model dakwah dengan gaya baru yang lebih fresh dan luwes. Bukan hanya dari segi penyampaian materi dan gaya bahasa, tetapi juga gaya berpakaian pun kini lebih gaul tapi tetap sopan.

Baca juga: Deddy Corbuzier Menginspirasi Penggemarnya Menjadi Mualaf

1. Hanan Attaki


Hanan Attaki (Foto: Instagram/@hanan_attaki)

Ustaz yang satu ini pasti sudah tak asing lagi bagi kaum muda. Hanan Attaki dikenal sebagai ustaz yang kerap memberikan materi kajian tak jauh dari permasalahan anak muda, ditambah lagi ia juga sudah tak canggung dengan istilah-istilah kekinian yang sering diucapkannya dalam menyampaikan materi dakwah.

Dari segi penampilan, Hanan Attaki juga terlihat berbeda dengan ustaz lainnya, tidak memakai sorban atau sarung, mubaligh asal Aceh ini lebih sering tampil mengenakan setelan kasual seperti kemeja dan kupluk rajutan sebagai gaya khas-nya.

2. Adi Hidayat


Adi Hidayat (Foto: Instagram/ @ustadzadihidayat)

Pernah meraih pendidikan di Garut dan mendapat predikat sebagai santri teladan, ustaz Adi Hidayat akhirnya mendapat kesempatan menimba ilmu di Libya dan fokus mempelajari hadist, Alquran, ilmu fikih, dan sebagainya. Sampai akhirnya kembali ke Indonesia dan mengasuh ponpes di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Sama seperti Hanan Attaki, ustaz satu ini juga terfokus kepada anak muda dengan menceritakan kisah-kisah romantisnya, termasuk kisah cintanya yang menunggu selama 7 tahun menanti calon istri sebelum akhirnya menikah.

3. Felix Siauw


Felix Siaw (Foto: Instagram/@felixsiauw)

Ustaz beretnis Tionghoa ini merupakan seorang mualaf. Felix Siaw salah satu ustaz yang begitu aktif di media sosial Twitter,  ia kerap membahas isu-isu terkini, bahkan soal urusan politik. Felix Siawu juga dikenal sebagai penulis buku '#Sudah Putusin Ajah!', yang cukup laris.

Cara penyampaian materi dakwah Felix Siaw cukup kreatif dan menyasar kaum milenials kebanyakan, seperti baru-baru ini ia menggarap animasi 'Nussa-Rara' produksi Little Giant, yang menyampaikan nilai-nilai islam dalam setiap seriesnya.

4. Evie Effendi


Evie Effendi (Foto: Instagram/@eviefendie)

Memiliki penampilan serupa dengan Hanan Attaki, Evie Effendi dijuluki ustaz 'gapleh' atau gaul tapi soleh. Gaya menyampaikan materi dakwahnya terdengar nyeleneh dan unik, dengan penggunaan bahasa-bahasa populer. Sosial media juga jadi 'senjatanya' berdakwah, bahkan kontennya sering kali mengocok perut.

Ustaz asal kota kembang ini, nyatanya memang kerap menyukai tampilannya dengan kupluk dan baju sehari-harinya, meskipun diakui masih banyak yang nyinyir dan menganggapnya tidak sopan. Maklum, Evie Effendi ternyata memiliki masa lalu yang kelam sebagai seorang yang pernah tergabung dalam sebuah geng motor di Bandung.

5. Gus Miftah


Gus Miftah (Foto: Instagram/@gusmiftah)

Gus Miftah jadi sosok lain yang juga disorot dan disebut-sebut berpengaruh dalam menjadikan Deddy Corbuzier sebagai seorang mualaf. Gus Miftah selalu berhasil menjawab pertanyaan Deddy tanpa cela yang saat itu belum memeluk agama islam. Gus Miftah memang selalu menyampaikan pesan-pesan atau analogi-analogi yang logis dalam berdakwah, dan hal itu tentunya menjadi salah satu faktor yang bisa diterima oleh Deddy Corbuzier dan para anak muda lainnya.

Baca juga: Video Tanggapan Felix Siauw Soal Ceramahnya yang Ditolak Banser

Nama Gus Miftah pertama kalinya muncul di media lantaran metode dakwahnya yang tidak biasa, ia dikenal sebagai pendakwah untuk kaum marjinal, seperti ceramah dan ber-shalawat di kelab malam. Inilah yang akhirnya membuat Gus Miftah disebut-sebut sebagai ustaz kekinian yang disukai kaum milenials. 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Dini Afrianti Efendi