Pantau Flash
2.345 Orang di China Meninggal Akibat Virus Korona
Jubir Presiden Jokowi Evakuasi WNI dari Yokohama Segera Dilakukan
PGRI Ungkap Pentingnya Pendidikan Moral Pancasila Dihidupkan Kembali
Kemenkes Khawatir WNI di Diamond Princess Terjangkit Korona Tanpa Gejala
Kemenhub Siapkan Payung Hukum untuk Sepeda Listrik

6 Cara Jitu dari Ahli untuk Atasi Gusi Berdarah

6 Cara Jitu dari Ahli untuk Atasi Gusi Berdarah Ilustrasi. (Shutterstock)

Pantau.com - Sekitar 600 juta orang mengalami beberapa jenis masalah gusi dalam hidup mereka. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa kebanyakan dari ini dapat disembuhkan di rumah. Dan gusi yang berdarah adalah tanda pertama penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis yang lebih parah.

Jika Anda mengalami gusi berdarah, tidak usah khawatir. Segeralah atasi dengan cara-cara sederhana ini. Apa saja itu? Berikut dilansir dari laman Bright Side.

Baca juga: Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi? Awas Radang Gusi

1. Gunakan kain kasa

Sama seperti dengan pendarahan apa pun, memegang sepotong kain kasa yang basah pada area pendarahan akan menghentikan pendarahan Anda. Tetapi jika gusi yang berdarah bukan masalah biasa, Anda harus mengunjungi dokter gigi.

2. Gunakan kompres dingin

Gunakan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan dan kompres hangat untuk menghilangkan rasa sakit. Pegang kompres dingin, atau bahkan es batu melawan bengkak, gusi berdarah untuk menghentikan pendarahan secara instan.

Simpan es di sana sampai pendarahan berhenti, tetapi jika darah tetap mengalir keluar bahkan setelah 10 menit kompres atau es, pertimbangkan untuk memanggil dokter. Anda dapat menggunakan kompres hangat nanti untuk menghilangkan rasa sakit. Tapi gunakan itu hanya setelah peradangan hilang.

3. Gunakan obat kumur air garam

Tambahkan 1 sdt garam laut ke dalam secangkir air hangat. Aduk untuk melarutkan garam. Minum dan kumur di mulut Anda selama sekitar 30 detik dan keluarkan. Lakukan ini 4-5 kali. Dan lakukan dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur. 

Air asin mengurangi pembengkakan di gusi, dan membantu menghentikan pendarahan gusi. Ini juga menciptakan lingkungan alkali tinggi sementara di dalam mulut sehingga membuat bakteri sulit bertahan hidup.

Baca juga: Sikat Gigi Ternyata Berbahaya untuk Tubuh Loh, Simak 5 Faktanya!

4. Gunakan obat kumur bebas alkohol

Menggunakan obat kumur adalah cara yang bagus untuk menghilangkan peradangan gusi yang menyebabkan pendarahan gusi dan menghilangkan bakteri dari mulut.

5. Gunakan kantong teh

Seduh kantong teh dalam air mendidih. Setelah 2 menit, lepaskan dan biarkan dingin. Sekarang oleskan kantong teh di daerah yang terkena gusi Anda. Biarkan selama 5 menit. Teh mengandung asam tanat yang dapat membantu meredakan infeksi gusi.

6. Makan sayur renyah

Makan sayuran renyah, seperti seledri dan wortel, di antara waktu makan membantu dengan menghilangkan sisa makanan dari gigi dan dengan demikian mencegah penyakit gusi. Makan ini juga membantu menghasilkan air liur yang selanjutnya membersihkan mulut. Juga, karena mengandung gula dan karbohidrat dalam jumlah rendah, mereka tidak berkontribusi terhadap kerusakan gigi.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam