Pantau Flash
Sah, RUU Ibu Kota Negara Jadi Undang-Undang
Lexus Boyong LX600 Off Road ke Tokyo Auto Salon 2022
Corona Belum Selesai, Muncul Lagi Virus Baru Bernama Flurona
Ade jadi Korban Begal Saat Tunggu Ibu Belanja di Pasar Cakung
Ahok Kandidat Pemimpin Nusantara

6 Efek Samping Penggunaan Gel Rambut yang Harus Anda Waspadai

6 Efek Samping Penggunaan Gel Rambut yang Harus Anda Waspadai Menata Rambut. (Foto: iStock)

Pantau.com - Menata rambut bisa menjadi tugas yang membosankan dan siapa yang tidak menginginkan produk yang bisa membuat tugas ini lebih mudah? Dan itulah yang dilakukan gel rambut untuk rambut kita.

Gel rambut adalah produk yang cukup nyaman untuk menata dan membentuk rambut Anda seperti yang Anda inginkan. Namun, ia datang dengan efek samping tertentu yang mungkin dapat merusak rambut Anda dalam jangka panjang.

Gel rambut bekerja sangat efisien untuk menata rambut Anda karena mengandung plastik yang disebut PVP sebagai bahan utamanya. PVT adalah sealer polimer yang membantu memperkuat kutikula rambut. Polimer dalam PVP ketika larut dalam air membentuk lapisan di antara setiap helai rambut, yang menghubungkan dan mengeraskan rambut Anda untuk membuat Anda menata rambut Anda. Dengan demikian, ketika diaplikasikan pada rambut basah, gel rambut mengeraskan rambut Anda dan memungkinkan Anda untuk membentuknya. 

Walaupun gel rambut cukup bermanfaat, mereka memiliki efek samping tertentu yang harus Anda ketahui. Berikut ini beberapa efek samping dari penggunaan gel terhadap kesehatan rambut pada jangka panjang.

1. Rambut Rontok

Penggunaan gel rambut yang berlebihan dan terus menerus membuat akar Anda lemah. Akar yang lemah menyebabkan rambut rontok dan menghambat pertumbuhan rambut sehingga merusak rambut Anda. Tidak hanya itu, gel rambut mendehidrasi kulit kepala Anda dan membuat rambut Anda kasar dan rapuh juga. Singkatnya, mereka membuat rambut Anda rentan terhadap kerusakan dan kerontokan rambut.

Baca Juga: 7 Penyebab Paling Umum Tentang Rambut Rontok Pada Pria

2. Perubahan Warna Rambut

Terlepas dari efek sampingnya yang lain, gel rambut juga mempengaruhi warna rambut. Ini adalah salah satu kelemahan yang mungkin menjadi yang terbesar untuk Anda. Gel rambut mengganggu keseimbangan pH kulit kepala Anda dan bahan kimia keras yang ada di dalamnya dapat menyebabkan warna rambut alami Anda memudar dan dengan demikian menyebabkan perubahan warna rambut. 

3. Rambut Kering 

Ini adalah efek samping lain dari menggunakan gel rambut. Gel rambut mengandung alkohol dan bahan kimia keras lainnya yang menghilangkan kelembaban dari rambut Anda, sehingga membuat rambut Anda kering dan dehidrasi. Selain itu, menggunakan gel rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan bersisik serta membuat rambut Anda kasar dan keriting. 

4. Penyebab Ketombe 

Kulit kepala yang dehidrasi dapat menyebabkan banyak masalah rambut dan ketombe adalah salah satunya. Penggunaan gel rambut yang berlebihan dapat membuat kulit kepala Anda kering dan bersisik, dan ini, pada akhirnya, menyebabkan ketombe. Selain itu, gel rambut membuat kulit kepala Anda rentan terhadap kerusakan dan infestasi bakteri, yang merupakan salah satu penyebab utama ketombe. Jadi, perhatikan seberapa sering Anda menggunakan gel rambut. 

Baca Juga: 5 Mitos Populer Tentang Uban yang Tak Layak Dipercaya

5. Rambut Bercabang

Rambut kering, rusak, kasar dan rapuh sering menyebabkan ujung bercabang. Gel rambut menghalangi nutrisi ke kulit kepala, menghilangkan kelembaban di kulit kepala dan dengan demikian membuat rambut Anda rentan. Semua ini pada akhirnya mengarah pada perpecahan. 

6. Tekstur Rambut Berubah

Efek samping utama lain dari penggunaan gel rambut secara ekstensif adalah mengubah tekstur rambut. Menggunakan gel rambut dapat mengurangi produksi sebum di kulit kepala dan lama kelamaan ini membuat rambut Anda tak bernyawa dan keriting. Jika Anda sering menggunakan gel rambut, Anda akan melihat perubahan pada tekstur rambut Anda.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: