Pantau Flash
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona
Rupiah Melemah Akibat Dibayangi Dampak Virus Korona
Eks Pimpinan KPK Minta Jokowi Dihadirkan saat Uji Materil Revisi UU KPK
Nilai Kapitalisasi Apple Turun Rp466,1 Triliun Akibat Virus Korona

6 Menu Sarapan Populer Ini Sebenarnya Tidak Direkomendasikan oleh Ahli

6 Menu Sarapan Populer Ini Sebenarnya Tidak Direkomendasikan oleh Ahli Ilustrasi sarapan. (Shutterstock)

Pantau.com - Ahli diet berpendapat bahwa sarapan yang sehat harus mengandung 400-700 kalori dan nutrisi yang mengisi energi tubuh kita. Tidak disarankan untuk makan beberapa makanan populer di pagi hari meskipun kita sudah terbiasa. 

Sekarang Anda dapat memeriksa apakah sarapan hari ini sehat atau tidak, bukan? Untuk mencegah itu, simak sejumlah sarapan yang tidak direkomendasikan oleh para ahli dilansir dari laman Bright Side.

Baca juga: Jangan Asal Sarapan, Ada Lho yang Buruk untuk Kesehatan!

1. Crepes dan pancake

Ilustrasi pancake. (Foto: Pixabay)

Crepes dan pancake bisa membuat Anda kenyang, dan jika Anda menambahkan topping seperti madu atau selai, tingkat insulin dalam darah menjadi sangat tinggi. Sarapan jenis ini berkontribusi pada obesitas, memengaruhi suasana hati Anda, dan bahkan bisa membuat Anda marah-marah.

Rekomendasi: Cobalah resep baru, ganti tepung terigu dengan tepung oat, dan makan beberapa buah segar dan beri daripada topping manis. Tapi jangan terlalu banyak makan buah dan beri di pagi hari, mereka bisa menyebabkan gas.

2. Sereal

Ilustrasi sereal. (Foto: Pixabay)

Makanan ini mengandung banyak gula, bukan serat dan protein. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan yang mengandung banyak karbohidrat membuat Anda makan lebih banyak saat makan siang. Subjek yang mengonsumsi 0,11 oz (3 gr) protein dan 1,40 oz (40 gr) karbohidrat di pagi hari, merasa lebih cepat lapar daripada mereka yang makan makanan tinggi protein. Orang yang lebih rentan terkena diabetes dan anak kecil harus menghindari makan sereal karena kadar gula yang tinggi.

Rekomendasi: Pilih cornflake dan muesli tanpa gula. Tambahkan beberapa kacang dan biji rami untuk mendapatkan jumlah protein yang diperlukan.

3. Roti putih panggang

Ilustrasi roti panggang. (Foto: Pixabay)

Roti putih tidak baik untuk Anda dan semakin Anda memanggangnya, semakin berbahaya. Semakin banyak terbakar, semakin banyak karsinogen yang dikandungnya.

Rekomendasi: Ganti roti putih dengan roti gandum dan jika Anda suka roti panggang, selalu pastikan tidak ada kulit terbakar.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Anda Harus Berolahraga sebelum Sarapan

4. Nasi putih

Ilustrasi nasi putih. (Foto: Pixabay)

Nasi putih mengandung banyak karbohidrat. Menurut penelitian, itu juga dapat menyebabkan masalah pencernaan karena memiliki banyak pati dan tidak ada serat kasar.

Rekomendasi: Kita bisa makan nasi merah daripada putih karena itu mencerna lebih lambat dan lebih baik dalam memasok energi tubuh kita. Untuk memasak sarapan Anda lebih cepat, rendam nasi di malam sebelumnya.

5. Susu

Ilustrasi susu. (Foto: Pixabay)

Para ilmuwan tidak merekomendasikan minum susu di pagi hari sebelum makan karena itu merangsang produksi asam lambung dan dapat menyebabkan mulas. Ini juga dapat menyebabkan jerawat jika seseorang rentan terhadap penyakit ini.

Rekomendasi: Anda dapat minum susu di pagi hari, tetapi hanya setelah makan.

6. Bacon dan telur

Ilustrasi bacon dan telur. (Foto: Pixabay)

Ahli diet tidak merekomendasikan makan telur dengan bacon setiap pagi karena bacon mengandung sejumlah besar kolesterol dan lemak jenuh yang menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Rekomendasi: Telur dadar jauh lebih sehat daripada telur goreng dengan bacon. Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti tomat atau brokoli.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: