Pantau Flash
6 Direktur Barcelona Mundur Imbas Konflik Internal
Gunung Merapi Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Mencapai 3.000 Meter
Kasus Positif Korona Jakarta Capai 1.719: 155 Meninggal dan 82 Sembuh
Derby della Madoninna Pindah ke Lapangan Virtual
Bamsoet Minta Masyarakat Kerja Sama dengan Pemerintah Guna Atasi Korona

7 Manfaat Buah Murbei, Turunkan Kolesterol hingga Mencegah Kanker

7 Manfaat Buah Murbei, Turunkan Kolesterol hingga Mencegah Kanker Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Mulberi atau buah murbei adalah buah-buahan manis yang tumbuh di berbagai daerah beriklim sedang di seluruh dunia. Buah-buahan ini sangat disukai karena rasanya yang unik dan komposisi nutrisi yang mengesankan. 

Murbei juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Murbei paling sering dibuat menjadi anggur, teh, selai, jus buah, atau makanan kaleng. Buah-buahan juga dapat dikeringkan dan dikonsumsi sebagai camilan. 

Murbei ditemukan dalam banyak warna seperti hitam, merah dan putih. Murbei segar mengandung 88 persen air dan hanya mengandung 60 kalori per cangkir. Mereka juga mengandung 9,8 persen karbohidrat, 1,4 persen protein, 1,7 persen serat dan 0,4 persen lemak. 

Ketika murbei dikeringkan, mereka mengandung 14 persen serat, 70 persen karbohidrat dan 3 persen lemak. Berikut 7 manfaat menakjubkan dari buah Murbei yang harus kamu ketahui.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Murbei dapat membantu meringankan sembelit. Mereka mengandung sumber serat makanan yang baik dan tubuh membutuhkan serat makanan untuk memfasilitasi pencernaan yang tepat. Makan murbei akan membebaskan Anda dari kembung dan masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Menakjubkan Buah Sirsak untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Murbei membantu menjaga kadar gula darah. Mereka mengandung bahan kimia tertentu yang mirip dengan obat yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2.

3. Menurunkan Kolesterol

Makan mulberry setiap hari akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Ini pada gilirannya membantu dalam mencegah masalah kardiovaskular dan dengan demikian meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Murbei kaya akan antioksidan dan fitonutrien yang membantu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Buah-buahan itu dikemas dengan anthocyanin yang membantu menjaga sel-sel kanker tetap di teluk.

5. Menyembuhkan Anemia

Murbei mengandung banyak zat besi, yang membantu menyembuhkan anemia. Buah-buahan ini juga dapat menyembuhkan gejala anemia seperti pusing dan kelelahan.

Baca Juga: Penelitian: Buah Mangga Ternyata Efektif Mengontrol Diabetes

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Murbei meningkatkan aliran darah, mengontrol tekanan darah dan membantu membersihkan darah. Antioksidan hadir dalam bantuan murbei dalam meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan menjaganya agar tetap melebar.

7. Membantu Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan, serat dan flavonoid dalam murbei membantu kesehatan jantung. Buah-buahan membantu menjaga aliran darah yang konsisten. Ini mencegah serangan jantung dan stroke.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: