Pantau Flash
Pemerintah Bantu 150 Bus untuk Urai Antrean Penumpang KRL dari Bogor
Pasien Sembuh dari COVID-19 Bertambah Jadi 35.638
Survei CPCS: Posisi Anies Anjlok sebagai Calon Kuat Pilpres 2024
Rektor Universitas Sumatera Utara Positif COVID-19
Gugus Tugas Keluarkan Aturan Pemotongan Hewan Kurban

8 Fakta Mengejutkan Tentang Edamame yang Harus Kamu Tahu

8 Fakta Mengejutkan Tentang Edamame yang Harus Kamu Tahu Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kacang edamame adalah kacang kedelai utuh, belum matang dan berwarna hijau. Ini adalah versi yang lebih muda dari kacang kedelai dewasa. Kacang edamame dipanen ketika masih muda dan mereka berfungsi sebagai camilan protein nabati yang sangat baik.

Dilansir Boldsky, kacang edamame merupakan sumber yang baik dari banyak nutrisi, antioksidan, rendah kalori, tidak mengandung kolesterol bahkan secara alami bebas gluten. Mereka biasanya dimakan dengan cara direbus atau ditambahkan ke tumisan, sup atau salad. Berikut manfaat edamame untuk kesehatan.

Baca juga: Benarkah Makan Kacang Selama Hamil Bisa Sebabkan Bayi Alergi?

llustrasi (Pixabay)

1. Menjaga kesehatan jantung

Kacang edamame mengandung serat dan antioksidan yang dikatakan menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Menurut penelitian, 50g protein kedelai per hari menurunkan kadar kolesterol LDL sebesar 3 persen.

Studi lain menunjukkan bahwa makan 47g kedelai setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol total sebesar 9,3 persen dan kolesterol LDL sebesar 12,9 persen.

2. Mencegah diabetes

Kacang edamame tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah karena merupakan makanan indeks glikemik rendah. Ini membuat edamame cocok untuk penderita diabetes.

3. Membantu penurunan berat badan

Kacang edamame adalah sumber serat yang hebat, yang dikenal membantu dalam mengatur berat badan dengan bekerja sebagai penekan nafsu makan alami yang kuat. Ini akan mencegah Anda untuk makanan lebih lanjut.

4. Menurunkan risiko kanker

Isoflavon dalam edamame dikatakan menurunkan risiko kanker, terutama kanker payudara. Salah satu isoflavon utama yang disebut genistein, memiliki sifat antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, menurut Journal of Agriculture and Food Chemistry.

Baca juga: Tak Asing Bagi Lidah Orang Asia, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Kacang Hijau

llustrasi (Pixabay)

5. Mencegah kondisi neurologis

Studi telah menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai dapat mengurangi risiko penurunan kognitif. Sebuah studi pada tahun 2015 menunjukkan bahwa isoflavon kedelai dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif setelah menopause.

6. Meningkatkan energi

Kacang edamame mengandung semua sembilan asam amino esensial, yang menjadikannya sumber protein lengkap. Protein adalah nutrisi yang sangat baik yang menyediakan bahan bakar tubuh dan membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah dalam tubuh, sehingga berfungsi sebagai sumber energi tahan lama.

7. Mencegah gejala menopause

Penelitian telah menunjukkan bahwa produk berbasis kedelai kaya akan isoflavon, yang dikatakan dapat menurunkan risiko osteoporosis pada wanita pascamenopause. Studi 2017 lainnya menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi produk berbasis kedelai selama 12 minggu memiliki lebih sedikit gejala menopause termasuk hot flashes, kelelahan, dan depresi.

8. Meningkatkan kesehatan mata

Kacang edamame adalah sumber vitamin A yang baik, vitamin esensial yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan mata. Vitamin ini juga merupakan komponen rhodopsin, protein yang ada di mata Anda yang memungkinkan Anda melihat dalam kondisi kurang cahaya. Vitamin A juga terkait untuk menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: