Pantau Flash
Rupiah Nongkrong di Level Rp13.667 per Dolar AS
Hari Ini Rekayasa Perjalanan KRL Jakarta Kota Masih Diberlakukan
Williams Racing Bertekad Bangkit di Musim 2020
Ashraf Sinclair, Suami BCL Meninggal Dunia
Arcandra: Mobil Listrik Dapat Tekan Impor Minyak Mentah

8 Kiat Sukses di Kencan Perdana, Jangan Putus Asa Mblo!

8 Kiat Sukses di Kencan Perdana, Jangan Putus Asa Mblo! ilustrasi hati. (Foto: Blueoceanstrategy)

Pantau.com - Apakah memikirkan kencan pertama membuat kamu takut? akankah ingatan terakhir atau pengalaman membuatmu merasa ngeri karena malu. Jika demikian, kamu tidak sendirian, tidak banyak orang menemukan kencan pertama yang sederhana dan langsung matching menggunakan aplikasi Tinder.

Sebaiknya, untuk sukses di kencan perdana dibutuhkan strategi yang tepat. Kamu dapat menghindari beberapa jebakan dan kecemasan yang lebih umum terjadi. Tak seperti mencuri momen layaknya di Hari kasih sayang atau Valentine.

Yuk Sobat Pantau, simak 8 jurus sukses di hari kencan pertama kali seperti yang rangkum dari Blueoceanstrategy berikut ini: 

Kopi bersama. (Foto: Blueoceanstrategy)

1. Jangan Terlalu Ribet

Kencan pertama dengan seseorang yang tidak banyak kamu kenal atau tidak tahu sama sekali, penuh ketidakpastian. Jangan membuat segalanya lebih ribet dengan mencoba mengatur makan malam romantis yang sempurna, atau merencanakan satu hari penuh. 

Cukup pertahankan cara yang singkat dan sederhana. Secangkir kopi di sebuah lokasi pusat kota akan membuatnya jelas jika teman kencan kamu adalah seseorang yang inginhabiskan lebih banyak waktu. Dan jika semuanya berjalan lancar, kopi bisa berubah menjadi makan siang atau makan malam, ini menambahkan beberapa spontanitas.

2. Jangan Stres

Sedikit kecemasan adalah hal yang wajar pada kencan pertama, faktanya, itu setengah dari sebuah kesenangan. Tetapi kamu ingin menghilangkan jenis stres yang akan membuat bingung dan teman kencanmu tidak nyaman. 

Ingat, semakin merasa santai, ia akan semakin nyaman berada di sekitarmu. Salah satu trik sederhana adalah duduk pada sudut yang benar dengan teman kencanmu daripada menghadapinya secara langsung.

Ini menghilangkan tekanan saat mencoba mengisi setiap jeda dalam percakapan, dan kalian berdua bisa melakukan sedikit terhibur dengan adanya orang di sekitar.

Chatting. (Foto: Blueoceanstrategy)

3. Kurangi Chat, dan Bertemu Langsung

Percakapan mungkin sudah dimulai dari sebuah aplikasi atau situs web, tetapi seharusnya tak boleh terlalu lama. Berkirim pesan tentu saja dapat memberikan sebuah perasaan ke orang lain, tetapi untuk benar-benar mengenal satu sama lain, kamu membutuhkan lebih dari sekadar pesan di layar.

Ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan nada suara sama pentingnya lho. Jadi jangan buang waktu untuk berhubungan secara virtual, pergi dan bertemu dengan orang yang sebenarnya di balik pemilik jawaban itu.

Baca juga: Infografis Sederet Tips bagi Millennials Agar Bisa Punya Rumah Sendiri

4. Siapkan Beberapa Topik Kencan Pertama

Kamu tidak akan pergi untuk wawancara kerja tanpa mempersiapkan terlebih dahulu, jadi mengapa kencan pertama harus berbeda? Pikirkan tentang jenis pertanyaan yang bisa diajukan, dan beberapa jawaban menarik untuk pertanyaan yang mungkin menghampirimu.

Namun, jangan memperlakukan kencan pertama seperti wawancara aktual, atau akan membunyikan bel alarm. Untuk beberapa topik dan pertanyaan kencan pertama harus yang menarik. 

Selain itu, cara lain untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan melakukan sedikit 'pose kekuatan' terlebih dahulu. Ini berarti berdiri selama beberapa menit dalam posisi tegak, bertumpu pada pinggul (pikirkan seorang pahlawan super), untuk stimulus otak agar merasa lebih percaya diri. Jangan lakukan cara ini pada saat bertemu, itu akan terlihat konyol.

jadi pendengar yang baik. (Foto: Blueoceanstrategy)

5. Tingkatkan Indera Pendengaran

Kita semua senang berbicara tentang diri kita sendiri, tetapi jangan menganggap teman kencan kamu langsung tertatik. Bahkan, membuat semuanya tentang kamu mengirimkan sinyal.

Di sisi lain, kamu tidak bisa mematikan dan membiarkan semua pembicaraan dengan teman kencanmu berujung pada kegagalan. Kuncinya adalah mendengarkan dengan cerdas dan merespons dengan tepat, seperti ketika kami merangkum suatu objek dan mengajukan pertanyaan lanjutan, misalnya, "Jadi, kamu menghabiskan tiga bulan di Raja Ampat, bagaimana itu?,".

6. Buat Kesan Pertama yang Kuat

Kesan pertama dihitung. Hanya perlu beberapa detik bagi seseorang untuk membentuk pendapat tentang kamu berdasarkan penampilan dan perilaku. Cara yang bagus untuk membuat kesan pertama yang positif adalah dengan tersenyum. 

Tersenyum adalah salah satu kebiasaan orang yang menyenangkan, tanda kebahagiaan dan keterampilan yang bisa dilatih. Dengan lebih banyak tersenyum, kamu tidak hanya akan mulai merasa lebih baik, justru juga akan membuat beberapa hal positif kepada orang-orang di sekitar. 

Selain itu, luangkan waktu untuk berpakaian dengan baik, tetapi tetap dengan gayamu yang biasa, dan berpakaian sesuai untuk kesempatan itu. Kamu tidak akan muncul di sebuah kafe dengan mengenakan tuksedo, tetapi juga tidak boleh datang ke pesta koktail dengan celana pendek dan kaos. Bisa memalukan!

Jadi diri sendiri. (Foto: Blueoceanstrategy)

7. Jujurlah pada Diri Sendiri

Berkencan di zaman millenial bisa terasa seperti kompetisi, dan mungkin selalu seperti itu. Tetapi terlalu sering kita mengukur nilai kita terhadap orang-orang yang kita anggap 'menang', dengan hasil itu kita mencoba meniru dan meningkatkan apa yang dilakukan orang lain alih-alih menemukan cara kita sendiri.

Tapi berkencan seharusnya bukan tentang pemenang dan pecundang. Ini tentang menemukan seseorang yang terhubung dengan kamu dan rasa peduli akan seseorang yang membuatmu bahagia dan yang bisa membuatmu menerima balasannya. Ini mungkin ketika kamu tetap setia pada diri sendiri dan membiarkan keaslianmu bersinar.


8. Selesaikan Kencan Pertamamu dengan Sukses dan Tepat

Jadi kamu merasakan sebuah hubungan, percakapan mengalir dan memiliki banyak kesamaan dalam kencan pertama ini tentu hebat. Sekarang apa? Kencan pertama yang berhasil kemudian sebaiknya dilanjutkan dan ini berarti mengatur pertemuan lain. 

Kamu bisa melakukan ini segera, tetapi mungkin lebih baik tidak membuatnya menunggu. Sebaliknya, mengapa tidak mengirim pesan segera setelah hanya untuk mengatakan betapa hebatnya waktu yang kamu miliki, dan sarankan waktu dan tempat untuk bertemu lagi. 

Ingat, jangan mengharapkan tanggapan segera, sabar lah atau kamu nanti akan tampak putus asa. Ingat, jika kamu pergi ke kencan pertama dengan senyum, sedikit kepercayaan diri, dan kemauan untuk mendengarkan, maka mungkin sudah membuatmu berbeda dalam persaingan.

Namun, mungkin hal yang paling penting adalah untuk mengingat bahwa kesuksesan dalam berpacaran, tidak datang seperti di atas piring. Jika kencan pertamamu tidak berhasil, jangan kecewa. Belajarlah dari pengalaman, ini menjadikan dirimu kreatif, dan bisa menyusun strategi baru. Ingat, masih ada banyak ikan di laut!

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - RZS
Category
Ragam

Berita Terkait: