9 Langkah Ini Wajib Kamu Lakukan saat Rumah Kebanjiran

Banjir Jakarta (Foto: Pantau.com/Ammad)Banjir Jakarta (Foto: Pantau.com/Ammad)

Pantau.com – Curah hujan tinggi yang mengguyur Bogor mengakibatkan beberapa wilayah di Jakarta terendam banjir. Data dari BPBD DKI Jakarta, Selasa (6/2/2018), ada 16 daerah yang terdampak banjir, yaitu Rawa Terate, Bidara Cina, Kampung Melayu, Cipinang Muara, Cawang, Cililitan, Balekambang, Makasar, Gedong, Pengadegan, Rawa Jati, Pejaten Timur, Kebon Baru, Manggarai, Srengseng Sawah, dan Bangka.

Baca juga: Mimpi Banjir

Ketinggian air yang merendam rumah warga mulai dari 30 cm hingga 2,5 meter.

Nah, saat rumah terendam banjir, ada beberapa hal yang perlu diperhatian demi keselamatan, keamanan dan kesehatan.

Berikut langkah pertama yang wajib kamu lakukan saat rumah terendam banjir:

1. Amankan barang-barang elektronik serta dokumen-dokumen penting ke tempat yang lebih tinggi dan tidak mungkin terjangkau air.

2. Pastikan bahan makanan dan minuman juga kotak P3K, jaket, dan selimut mudah dijangkau dan aman digunakan.

3. Air bisa menghantarkan arus listrik. Karena itu jauhi sumber listrik dan kabel. Agar lebih aman sebaiknya padamkan sendiri listrik di rumah cabut alat-alat elektronik dari stop kontak. Jangan sentuh alat elektronik yang terendam air sampai benar-benar kering.

4. Jangan memaksakan diri menembus banjir, baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan. Walaupun debit air tidak terlalu tinggi,tapi arus banjir bisa membawa benda-benda tajam yang membahayakan. 

Jika terpaksa harus menembus banjir, pastikan kamu menggunakan sepatu yang kuat untuk terhindar menginjak pecahan kaca, paku, dan sebagainya.

5. Jangan meninggalkan rumah dalam keadaan pintu terbuka. Pastikan seluruh pintu dan lemari terkunci.

6. Bersihkan peralatan makan yang terlanjur kena banjir sebelum digunakan. Cuci pakai air panas bisa jadi salah satu solusi juga.

7. Buang seluruh kosmetik, makanan, dan obat-obatan yang telah terkena banjir, walaupun hanya sebagian. Air banjir banyak membawa kotoran dan bahan berbahaya dari mana-mana dan tentu sangat mengandung bakteri.

8. Hati-hati dengan binatang berbahaya yang masuk ke dalam rumah saat banjir. Waspadalah saat malam hari. Pastikan kamu sedia senter dengan baterai yang cukup agar tak kegelapan saat listrik padam.

9. Pantau terus berita banjir di media online atau siaran radio. Jangan ragu untuk mengikuti arahan dari petugas penyelamat bencana jika diharuskan mengungsi.

Tim Pantau
Editor
Tommy Adi Wibowo