9 Sepak Terjang Sys NS: Dari Aktor Hingga Politikus

Headline
Sys NS (Foto: Instagram/@sys_ns)Sys NS (Foto: Instagram/@sys_ns)

Pantau.com – Kabar duka datang dari industri hiburan Tanah Air. Aktor sekaligus sutradara Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns atau populer dengan nama Sys NS meninggal dunia pada Selasa (23/1/2018). 


Sys NS dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung. 


Nama Sys NS di industri hiburan Tanah Air tak perlu diragukan lagi. Ia artis serba bisa, mulai dari akting, penyiar, sampai sutradara dilakoninya. Bahkan, dunia politik juga dimasukinya.


Berikut deretan sepak terjang Sys NS di dunia hiburan dan politik:


Baca Juga: Berita Duka: Sys NS Meninggal Dunia


Sys NS (Foto: Instagram/@sys_ns)


1. Sys mengawali karier sebagai disc jockey (DJ) saat masih duduk di bangku kuliah. Dia bahkan memilih berhenti kuliah untuk serius menjalani profesi sebagai DJ. Terbukti, Sys pernah menjadi The Best of Disc Jockey of Indonesia di tahun 1975.


2. Berhenti dari bangku kuliah membuat Sys NS putar otak untuk mencari uang. Berbagai profesi dijalaninya, mulai dari DJ, penulis skenario, penyiar, sutradara, hingga pemain film. Bahkan, komedi juga digelutinya, yaitu ‘Sersan Prambors’ bersama Muklis Gumilang, Pepeng, Krisna Purwana, dan Nana Krip.


3. Pria bernama lengkap Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns bisa dibilang tidak bisa diam. Sibuk di dunia hiburan tak membatasi aktivitas di organisasi. 


Ya, Sys pada tahun 1976 menjadi Ketua Kekerabatan Antar Siswa se Jakarta (Kasta) Prambors dan Ketua Laboratorium Seni Prambors. 


Bahkan, dia juga pernah menempati posisi sebagai Ketua Gabungan Artis Nusantara dan Ketua Umum PB PARFI periode 1998-2002.


Baca Juga: Ungkapan Sedih Anak Sys NS Atas Kepergian Ayahnya


4. Sys NS akhir masuk ke dunia politik di tahun 1999. Dia pernah menjadi Anggota Badan Pekerja  (PAH II) MPR-RI selama 1 tahun. Kemudian menjabat Anggota MPR-RI, Utusan Golongan periode 1999-2004.


5. Karier politiknya makin moncer. Di tahun 2001, Sys NS menjadi salah satu pendiri Partai Demokrat. Dan, di tahun 2005, ia mendeklarasikan diri sebagai kandidat Ketua Umum Partai Demokrat. Untuk memuluskan jalannya sebagai ketua Partai Demokrat, Sys meluncurkan buku biografi berjudul Sys NS: Yesterday, Today, & Tomorrow pada tanggal 15 Mei 2005.


Namun, di tahun 2005, Sys akhirnya memutuskan mundur dari Partai Demokrat. Alasannya sudah tidak lagi sejalan dengan visi dan misinya.


6. Lepas dari Partai Demokrat, Sys NS mendirikan partai baru, yaitu Partai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan akhirnya namanya diubah menjadi Partai Nusantara Kedaulatan Rakyat Indonesia. Namun, partainya tak lulus verifikasi faktual untuk mengikuti Pemilu 2009.


Sys NS (Foto: Instagram/@sys_ns)


Baca Juga: Tiba di Rumah Duka, Jenazah Sys NS Langsung Disalatkan


7. Di dunia hiburan tak terhitung lagi karya-karyanya. Berbagai naskah, sinetron, film dan teater pernah ditulis dan dimainkan.


Di tahun 2016 lalu, Sys NS pernah menjadi sutradara film ‘Pacarku Anak Koruptor’ dan menjadi produser dan pemain di film ‘Triangle the Dark Side’.


8. Berbicara soal kehidupan pribadi, Sys NS menikahi seorang wanita bernama Shanty Widhiyanti. Meski umur Sys beda 13,5 tahun dengan sang istri, namun biduk rumah tangganya berjalan harmonis. Sys dan Shanty dianugerahi tiga orang anak, Syanindita Trasysty, Sabdayagra Ahessa, dan Sadhenna Sayanda.


9. Karier Sys NS akhirnya selesai pada 23 Januari 2018. Dia meninggal dunia akibat serangan jantung. Nyawanya tak tertolong meski sudah dibawa ke Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.


Selamat jalan Sys NS.

Tim Pantau
Editor
Tommy Adi Wibowo