Pantau Flash
OJK Stop 589 Usaha Pinjaman Daring Ilegal
Revitalisasi BUMDes, Kemendes PDTT Berikan Nomor Registrasi
MPR Dukung Anggaran Sektor Pertanian Ditambah untuk Atasi COVID-19
Rekor Lagi! Ada 1.853 Kasus Baru, Total Positif COVID-19 RI 68.079
OJK Catat 5,29 Juta Debitur UMKM Terima Restrukturisasi Kredit

Ajaib! Ini 6 Cara Bagaimana Kunyit Melawan Kanker

Ajaib! Ini 6 Cara Bagaimana Kunyit Melawan Kanker Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kunyit bukan hanya bumbu yang memberi semburat warna kuning pada makanan Anda, tetapi juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Anda mungkin pernah mendengar tentang kunyit yang membantu dalam pengobatan infeksi dingin dan musiman sejak zaman kuno, dan sumber daya pengobatan pertama untuk menghilangkan flu musiman menurut nenek Anda. 

Tetapi ketika berbicara tentang pencegahan dan pengobatan kanker, kunyit sebagai obat sangat jarang terdengar. Kunyit adalah salah satu rempah yang banyak ditemukan yang membantu memerangi kanker secara efektif. Salah satu bagian yang paling menarik tentang kunyit adalah bahwa kunyit mengandung senyawa penting yang disebut curcumin, yang dikenal sebagai agen anti-kanker.

Selain itu, karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, kunyit tidak hanya membantu memerangi unsur-unsur kanker dalam tubuh Anda, tetapi juga membantu memerangi efek samping dari perawatan kanker seperti kemoterapi dan radiasi. Dilansir Boldsky, berikut cara kerja kunyit yang membantu memerangi kanker secara efektif. 

Baca juga: Duh, 6 Kebiasaan Ini Ternyata Picu Pertumbuhan Kanker di Tubuh 


Ilustrasi (Pixabay)

1. Kunyit Bunuh Sel Kanker

Kunyit mengandung bahan penting yang disebut curcumin, yang dikenal luas karena sifat anti kankernya. Ini telah ditemukan melalui beberapa penelitian. Menambahkan kunyit ke dalam makanan rutin Anda setiap hari membantu melawan sel-sel kanker secara efektif.

2. Membantu Mencegah Pertumbuhan Lesi Pra-kanker

Selama ini Anda mungkin pernah mendengar tentang kunyit yang membantu mencegah flu dingin dan musiman. Kunyit bila dikonsumsi dalam jumlah yang benar membantu mencegah pertumbuhan lesi pra-kanker. Mengkonsumsi kunyit atau kurkumin membantu mengendalikan pertumbuhan lesi pra-kanker, terutama dalam kasus kanker mulut. Juga, ekstrak minyak kunyit telah ditemukan untuk mencegah perkembangan kanker serviks.

Ilustrasi (Pixabay)

3. Mencegah Metastasis

Metastasis adalah suatu kondisi di mana kanker menyebar ke seluruh tubuh. Kunyit membantu mencegah multiplikasi sel kanker lebih lanjut dan perkembangan pembuluh darah baru di tumor. Kunyit dapat ditambahkan sebagai bumbu ke dalam makanan biasa atau dikonsumsi sebagai suplemen dengan menambahkan satu sendok teh ke dalam segelas susu.

4. Anti-karsinogenik

Kurkumin dalam kunyit diketahui memiliki sifat anti-karsinogenik. Juga dikenal karena sifat antioksidannya, kunyit membantu mencegah zat beracun dari mempengaruhi organ vital pada manusia. Ini membantu dalam mencegah berbagai jenis kanker.

Baca juga: Kenali Sebelum Terlambat! Ini 10 Fakta Tentang Kanker Ovarium 


Ilustrasi (Pixabay)

5. Membantu Mengatur Respons Kekebalan Tubuh

Kunyit membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu memerangi kanker. Senyawa curcumin yang terkandung dalam kunyit membantu dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian ini membantu untuk memerangi kanker secara efektif.

6. Dikenal Sebagai Pelindung Kemo

Perawatan kanker melibatkan kemoterapi dan radiasi. Kedua proses perawatan ini melibatkan banyak efek samping. Kunyit mengandung curcumin, yang dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Mengkonsumsi curcumin secara teratur membantu mencegah keracunan yang disebabkan oleh kemoterapi dan radiasi.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: