Akhirnya! Partai PKS Dibubarkan, Cek Faktanya

Headline
Hoax yang menyebut PKS dibubarkan Presiden Jokowi. (turnbackhoax.id)Hoax yang menyebut PKS dibubarkan Presiden Jokowi. (turnbackhoax.id)

Pantau – Beredar postingan di YouTube oleh akun bernama “BENTENG ISTANA” dengan video berdurasi 8 menit 21.

Video tersebut disertai dengan thumbnail yang menyatakan bahwa Partai PKS dibubarkan dan termasuk keputusan bulat Presiden Jokowi.

Narasi:

AKHIRNYA PARTAI PKS DIBUBARKAN
KEPUTUSAN BULAT JOKOWI MENGEJUTKAN SEMUA PIHAK

BERITA TERBARU ~ AKHIRNYA PARTAI PKS DIBUBARKAN, KEPUTUSAN BULAT JOKOWI KEJUTKAN SEMUA PIHAK ~ VIRAL

Penjelasan

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, dilansir turnbackhoax.id, Selasa 928/6/2022), video tidak sama sekali memberitakan bahwa Partai PKS dibubarkan.

Adapun isi video bersumber dari website bernama SEWORD, dengan judul artikel berita “Bubarkan PKS Seperti Halnya Soekarno Bubarkan Masyumi, Jika Tak Ingin NKRI Bubar”, dengan isi pembahasan yang sama persis.

Artikel tersebut menjelaskan mengenai Partai PKS yang termasuk golongan Islam garis keras dan berambisi menjadikan NKRI sebagai negara berideologi Khilafah Islamiyyah.

SEWORD juga mengatakan bahwa selama ini PKS melakukan hal-hal yang menunjukkan pelecehan terhadap simbol kedaulatan negara, seperti menginjak-injak bendera merah putih. Partai inipun disamakan dengan Partai Masyumi pada masa Presiden Soekarno.

Adapun pemberitaan mengenai PKS yang dibubarkan, tidak ditemukan berita resminya. Melansir dari website resmi PKS, saat ini masih aktif dalam kegiatan politiknya.

Kesimpulan

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim akun “BENTENG ISTANA” adalah tidak benar dan termasuk kategori konten yang menyesatkan.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan