Akhirnya Penyidik Temukan Ruang Rahasia Ferdy Sambo Berisi Tangan Manusia, Hoax!

Headline
Beredar video hoax yang menyebut penyidik temukan ruang rahasia Ferdy Sambo berisi tangan manusia. (turnbackhoax.id)Beredar video hoax yang menyebut penyidik temukan ruang rahasia Ferdy Sambo berisi tangan manusia. (turnbackhoax.id)

Pantau – Sebuah akun Facebook bernama Super Maniak (fb.com/105984912117426) pada 22 September 2022 mengunggah sebuah video dengan narasi yang menyebut penyidik menemukan ruang rahasia Ferdy Sambo. Di ruangan itu ditemukan tangan manusia.

Berikut narasinya

“Akhirnya Penyidik Temukan Ruang Rahasia Ferdy Sambo | Berisi T4ng4n M4nusi4”

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, Jumat (23/9/2022), video dengan narasi penyidik menemukan ruangan rahasia Ferdy Sambo yang berisi tangan manusia merupakan klaim yang salah.

Faktanya, tidak ada kaitannya dengan kasus Ferdy Sambo. Gambar penemuan kerangka manusia di video itu adalah penemuan kuburan massal yang diduga berisikan jasad kaum elit abad 15 di Peru.

Foto yang identik dimuat di artikel berjudul Fakta Temuan Kuburan Massal Kaum Elit Abad Ke-15 di Peru yang terbit di CNN Indonesia pada 22 November 2022.

Dilansir dari artikel ini, peneliti menemukan kuburan massal yang diduga berisikan jasad kaum elit abad 15 di Peru. Kuburan tersebut berisi sekitar 25 orang yang didominasi wanita. Kuburan massal tersebut berlokasi di provinsi Trujillo, Peru. Kuburan berisi wanita dan beberapa anak kecil serta remaja.

Di dalam kuburan tersebut juga ditemukan peralatan tekstil, termasuk jarum, penggulung, dan kapur. Peneliti menemukan wanita-wanita ini terkubur dalam posisi duduk dengan kaki ditekuk, dan sebagian besar berusia di bawah 30 tahun.

Kesimpulan

Tidak ada kaitannya dengan kasus Ferdy Sambo. Gambar penemuan kerangka manusia di video itu adalah penemuan kuburan massal yang diduga berisikan jasad kaum elit abad 15 di Peru. Dengan demikian video tersebut masuk dalam kategori konteks yang salah.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Aries Setiawan