Anak Jarang Sarapan, Hati-Hati Efek Buruk Ini

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI)Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI)

Pantau.com – Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr Ulul Albab SpOG, mengatakan sarapan sehat penting untuk anak-anak, karena dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi anak di sekolah.

“Sarapan membantu menambah energi untuk menjalankan aktifitas sehari-hari. Untuk itu, anak-anak sangat dianjurkan untuk sarapan pagi, karena membantu mereka berkonsentrasi dalam belajar,” kata Ulul Albab.

Dia menjelaskan, sebenarnya setiap hari itu manusia puasa. Yaitu pada saat tidur malam, selama delapan hingga 10 jam. Namun, saat tidur, organ tubuh tetap bekerja.

“Sewaktu kita tidur, energi yang dipakai oleh tubuh untuk menjalankan fungsi metabolisme dan fisiologis itu didapat dari glukosa dalam darah, glikogen liver, dan asam lemak bebas,” jelas Ulul Albab.

Baca juga: Halau Kulit Keriput dengan Konsumsi 4 Makanan Ini

Oleh karena itu pada pagi hari, kadar gula dalam darah, glikogen dan insulin berkurang. Dan menyebabkan tubuh terasa lemas. 

“Untuk itu sarapan yang bernutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh di pagi hari,” ujarnya.

Ulul Albab juga menyampaikan beberapa efek yang ditimbul ketika tidak sarapan.

“Efek ketika tidak sarapan pagi adalah daya tangkap otak atau konsentrasi menurun, gampang stres, daya tahan tubuh menurun, pertumbuhan janin terhambat bagi ibu hamil, dan haid tidak teratur bagi remaja,” tutup Ulul Albab. (Nurri Tesya Tanjung)

Tim Pantau