Anggaran Kemenkes Gede, Jokowi Perintahkan Seluruh Puskesmas di Indonesia Dilengkapi USG

Headline
jokowi bkkbn kemenkes menkes usg puskesmas posyandu - pantau.com(Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

Pantau – Presiden Jokowi memerintahkan Kemenkes untuk melengkapi 10.200 Puskesmas seluruh Indonesia mempunyai alat USG hingga alat pengukur tinggi badan.

“Yang berkaitan dengan USG atau alat timbang atau alat pengukur tinggi atau panjang bandan, itu harganya berapa sih, USG harga berapa sih. Anggaran Menkes berapa sih? Kan gede banget. Tahun ini diberikan semuanya lah. Kalau sudah 5.000 tinggal 5.200 sudah rampung semuanya,” kata Jokowi di Rakernas BKKBN di Jakarta Timur, Rabu (25/1/2023).

Jokowi juga menyinggung alat timbang di Posyandu. Ia heran negara sebesar Indonesia tidak mampu membelikan alat timbang di Posyandu di semua daerah di seluruh Indonesia.

“Timbangan harganya berapa, sih, timbangan, harga timbangan digital, kan murah banget, masa nggak bisa membelikan negara sebesar kita ini. Untuk mengukur panjang badan atau tinggi anak masa nggak bisa setiap Posyandu itu ada,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan Indonesia mempunyai 300 ribu Posyandu. Namun menurut Jokowi, keberadaan Puskemas belum merata di seluruh Indonesia.

“Jadi hanya memang problemnya puskesmas tidak tersebar merata. Ada 1 kecamatan 7, ada 1 kecamatan 2 ada 1 kecamatan kurang dari 1. Ini pemerataan ini yang perlu dilihat,” pungkasnya.

Tim Pantau
Penulis
Fadly