Pantau Flash
Menkes Terawan: 9 WNI Positif Korona di Diamond Princess Tidak Sakit Berat
Kompetisi J-League Ditunda Akibat Virus Korona
Pemerintah Berikan Diskon Tarif Pesawat Akibat Serangan Korona
Komisi III DPR RI Desak MenkumHAM Yasonna Laoly Evaluasi Pegawai
Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Mahasiswa IPB Jadi Petani Modern

Anggun C Sasmi Curhat Sulitya Pakai Paspor Indonesia

Anggun C Sasmi Curhat Sulitya Pakai Paspor Indonesia Anggun C. Sasmi. (Foto: Instagram/@anggun_cipta)

Pantau.com - Penyanyi Anggun Cipta Sasmi dibuat gemas dengan komentar warganet yang masih mempersoalkan kewarganegaraannya. Menurut Anggun, orang yang mempersoalkan status warga negaranya tersebut tidak pernah merasakan menjadi minoritas dan belum pernah mengalami kesulitan hanya karena warna paspor.

"Yang memasalahkan kewarganegaraan hanya mereka yang bermentalitas tertentu, yang kebanyakan belum pernah pergi kemana-mana, belum merasakan menjadi minoritas, yang nggak tau kalau warna paspor yang “salah” sering diberi masalah di banyak negara," tulis Anggun melalui akun resmi instagramnya sebagaimana dikutip pantau.com, Senin (19/8/2019).

Baca juga: Kekuatan Paspor Indonesia Peringkat 75, Nomor 1 Bukan Amerika Serikat

Sejak beberapa tahun lalu, penyanyi 44 tahun itu memang telah pindah kewarganegaraan menjadi Prancis. Namun ibu satu anak itu tetap menegaskan bahwa dirinya berdarah Indonesia. 

Ia bercerita saat masih memakai paspor Indonesia dirinya kerap mengalami kesulitan. Seperti tidak dibolehkan mendapat visa Portugal karena peringkat Indonesia sebagai negara berpaspor berada di bawah, yakni 75. Jauh berbeda dengan Prancis diposisi 4. 

Anggun juga menyayangkan stigma publik yang lebih memprioritaskan 'bungkus' dengan melihat status warga negara namun tak melihat makna yang ada. Padahal menurutnya banyak juga WNI yang lahir dan tinggal di Indonesia tapi memiliki anak yang tidak bisa berbahasa Indonesia. 

"Ini yang buat saya gemas, karena diaspora Indonesia yang tinggal di negara-negara lain banyak sekali dan untuk anak-anak blasteran mereka diharuskan memilih antara 2 kewarganegaraan buat saya sayang sekali? Kenapa harus milih? Kenapa nggak boleh dua-duanya? Sudah banyak kok contohnya," tulisnya.

Anggun beranggapan sudah saatnya Indonesia mempertimbangkan agar warganya bisa memiliki dua kewarganegaraan.

Baca juga: Anggun C Sasmi Sebut Anaknya Tak Punya Bakat Menyanyi

"Kita kan sekarang hidup di dunia yang setiap orang beradaptasi dengan kultur berbeda. Mungkin sudah saatnya Indonesia memikirkan untuk bisa memberi dwi kewarganegaraan seperti negara-negara lain," pungkasnya.


Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam

Berita Terkait: