Anies di Cover Majalah Al Islam: ‘Wujudkan Jakarta Bersyariah’, Cek Faktanya

Headline
Hoax foto wajah Anies Baswedan menjadi cover majalah Al Islam yang berjudul "Wujudkan Jakarta Bersyariah". (turnbackhoax.id)Hoax foto wajah Anies Baswedan menjadi cover majalah Al Islam yang berjudul "Wujudkan Jakarta Bersyariah". (turnbackhoax.id)

Pantau – Akun Twitter @yana_udiyatna mengunggah foto wajah Anies Baswedan menjadi cover majalah Al Islam yang berjudul “Wujudkan Jakarta Bersyariah”.

Selain itu, pada cover majalah tersebut juga terdapat tulisan “menyongsong gubernur Muslim, menghentikan gubernur kafir”.

Narasi

“Ini salah satu jejak digital. Gerombolan Kadal Khilafah mendukung Wan Aibon”.

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, Jumat (24/6/2022), foto tersebut merupakan hoaks berulang sejak 2017 silam, saat kontestasi politik pemilihan gubernur di DKI Jakarta.

Situs turnbackhoax.id telah membahas hoaks serupa. Mengutip keterangan dari turnbackhoax.id, majalah Al Islam tidak pernah menulis dan menerbitkan majalah dengan cover dan judul tersebut.

Majalah Al-Islam dengan cover wajah Anies Baswedan sengaja dibuat oleh oknum jahat yang ingin memanfaatkan momentum pemilihan gubernur DKI Jakarta untuk menjatuhkan salah satu paslon.

Kesimpulan

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan @yana_udiyatna itu merupakan konten palsu.

Tim Pantau