Pantau Flash
Merasa Percaya Diri karena Sudah Divaksin Turut Pengaruhi Lonjakan Kasus COVID-19
Hindari Kerumunan, Kemenag Wajibkan Panitia Kurban Antar Daging ke Rumah Penerima
Pemerintah Izinkan Shalat Idul Adha Digelar di Masjid di Luar Zona Merah dan Oranye
Wapres Sebut MUI Terapkan Moderasi dalam Fatwa Vaksin COVID-19
Pemerintah Anggarkan Rp2 Triliun untuk Bayar Utang ke Guru dan Dosen Agama

Arti Masya Allah Tabarakallah dan Waktu Pengucapannya

Arti Masya Allah Tabarakallah dan Waktu Pengucapannya ilustrasi tulisan Masya Allah (Foto: dribbble)

Pantau.com - Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita mendengan ucapan Masya Allah Tabarakallah dilontarkan umat muslim saat takjub akan suatu hal. Penjelasan mengenai arti Masya Allah Tabarakallah akan dibahas sebagai berikut. 

Arti Masya Allah Tabarakallah

Arti Masya Allah yaitu “Atas kehendak Allah” dan ada pula yang mengartikan “Ini yang dikehendaki Allah”

Kalimat Masya Allah akan lebih tepat jika diucapkan pada sebuah hal yang ada kaitannya dengan segala ciptaan atau hal yang ditakdirkan Allah. Kalimat Masya Allah juga dianjurkan untuk diucapkan dalam agama Islam seperti yang sudah dituliskan dalam kitab suci Al Qur’an.

وَلَوْلا إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاءَ اللَّهُ لا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

 Ayat tersebut yaitu surat Al Kahfi ayat 39 artinya “Mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki ke kebunmu “Masya Allah”. “La Quwwata Illa Billah”(Sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”.

Baca juga: Arti Saranghae Lengkap

Secara garis besar, Al Qur’an menggambarkan keadaan surga seperti taman yang sangat indah dan identik dengan warna hijau. Jadi kita bisa menarik garis bahwa kata Jannah diartikan sebagai kebun adalah perumpamaan saja karena kebun identik dengan tanaman yang berwarna hijau.

Waktu yang Tepat untuk Pengucapan Masya Allah

1. Ketika Terjadi Hal-hal diluar Rencana Kita

Pada saat kita membuat rencana atau jadwal dan ternyata hal tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan, maka itulah saat yang tepat untuk mengucapkan Masya Allah. Hal ini karena sebagai pengingat kita kepada Allah karena semua hal yang terjadi pasti atas kehendak Allah, bukan yang lain.

2. Melihat Keindahan Alam

Pemandangan alam di pegunungan dengan pohon-pohon dan daun-daunan yang berwarna hijau membuat hati merasa takjub karena melihat pemnadangan yang luar biasa. Dalam hal ini kita perlu atau dapat mengucapkan kalimat Masya Allah sebagai rasa kagum dengan ciptaan Allah.

3. Pada saat Terjadi Musibah

Ketika terjadi bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus serta Tsunami, maka kita perlu mengucapkan kalimat Masya Allah. Tentu saja semua musibah tersebut termasuk fenomena alam yang sangat luar biasa serta diluar akal kita dan hanya bisa terjadi karena kehendak Allah SWT.

Baca juga: Banyak yang Salah Paham, Ternyata Ini Arti Kata Afwan

4. Menghadapi Pujian Orang Lain

Keberhasilan dan kesuksesan serta hal-hal baik yang lain dalam diri kita kadang kala bisa mendapatkan pujian dari orang lain seperti ana uhibbuka fillah. Dalam hal ini kita harus rendah hati dan mengucapkan kalimat Masya Allah karena semua pencapaian dalam dunia ini pasti terjadi atas kehendak Allah.

5. Melihat Seorang Anak yang Memiliki Kelebihan

Banyak sekali kita jumpai ada anak kecil yang memiliki sutu kelebihan dibandingkan dengan anak yang lainnya. Dalam hal ini perlu mengucapkan lafadz Masya Allah karena anak tersebut dikehendaki Allah memiliki kelebihan dibandingkan dengan anak yang seumuran dengannya.

6. Mendengar Suara yang Merdu

Jika kita mendengar suara yang bagus atau merdu, maka perlu atau dapat mengucapkan lafadz Masya Allah karena suara adalah ciptaan Allah. Hal ini karena Allah menciptakan banyak sekali suara, baik yang enak didengarkan ataupun yang kurang enak sehingga semua itu terjadi atas kehendak-Nya.

Demikian artinya Masya Allah Tabarakallah yang sudah dituliskan di dalam Al Qur'an, beserta waktu yang cocok untuk pengucapannya. Selalu mempraktekkannya?
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Daffa Maududy

Berita Terkait: