Asteroid Seukuran Gedung Tertinggi di Dunia Dekati Bumi, Berbahaya?

Headline
Ilustrasi asteroid dekati Bumi (Foto: Mirror)Ilustrasi asteroid dekati Bumi (Foto: Mirror)

Pantau.com – umi kembali akan kedatangan benda raksasa. Dilaporkan, bulan Februari nanti, ada asteroid raksasa yang akan melintasi Bumi.


Asteroid yang memiliki kode nama 2002 AJ129 itu akan melintasi orbit Bumi pada 4 Februari, dilansir Mirror, Senin (22/1/2018).


Untuk diketahui asteroid 2002 AJ129 memiliki panjang 1.219 meter. Sedangkan, ukuran gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai, tingginya cuma 828 meter. Artinya asteroid raksasa itu lebih lebih besar 47 persen dibanding Burj Khalifa.


Sementara ukuran luas dari asteroid itu diperkirakan mencapai 1,1 kilometer.


Baca Juga: Mantap Jiwa, Ini Lho Moge Baru Presiden Jokowi 


Ilustrasi asteroid hantam Bumi (Foto: Mirror)


Kedatangannya asteroid 2002 AJ129 diklasifikasikan ‘berpotensi berbahaya’ menurut International Astronomical Union.


Peneliti dari National Center for Atmospheric Research di Boulder, Colorado, Amerika Serikat, Charles Bardeen mengatakan jika asteroid seukuran 1 km itu menghantam Bumi bisa dipastikan akan memberikan kerusakan yang besar. Tapi tidak akan memusnahkan semua makhluk hidup di Bumi.


“Tabrakan asteroid itu dengan Bumi bisa menyebabkan debu dalam jumlah banyak di langit. Bahkan, debu-debu itu bisa bertahan di atmosfer hingga 10 tahun,” kata Bardeen.


“Selama 10 tahun itu debu akan menghalangi sinar matahari dan menyebabkan suhu menurun dan gagal panen. Tentu ini menjadi sangat berbahaya bagi Bumi,” tutupnya.


Baca Juga: Lolos TKDN, Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus Siap Dijual di Indonesia

Tim Pantau
Editor
Tommy Adi Wibowo