Audi A8 yang Tabrak Mahasiswi Bandung Mobil Kelas Pejabat, Pernah Digunakan Presiden UEA di KTT G20 Bali

Headline
audi a8 polisi tabrak mahasiswi - pantau.comIlustrasi: Presiden Uni Emirat Arab Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan menggunakan mobil Audi A8 L dalam KTT G20 Bali 2021 - (Foto: YouTube Setpres)

PantauOto – Seorang mahasiswi bernama Selvi Amalia Nuraeni tewas akibat tertabrak mobil di daerah Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Polisi membentuk tim khusus untuk menyelidiki kecelakaan ini.

Kecelakaan itu terjadi pada Jumat (20/1) sekitar 14.55 WIB di Kampung Sahbandar, Kecamatan Karangtengah, Cianjur. Polisi telah memeriksa sembilan saksi dan menganalisis rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian.

Saat itu, korban Selvi, yang merupakan mahasiswi Universitas Suryakencana, sedang mengendarai sepeda motor jenis matik bernomor polisi F-4193-SF dari Bandung ke Cianjur. Pada waktu bersamaan, ada rombongan kendaraan yang melintas dari Cianjur menuju Bandung.

Diduga korban tewas akibat kepalanya terbentur kendaraan yang melaju dari arah berlawanan. Dia mengatakan, saat terjadi benturan, korban masih mengenakan helm

Berdasarkan pemeriksaan saksi-saksi dan CCTV, polisi mendapatkan kendaraan tersebut.

“Pemeriksaan di TKP, selesai kemarin, (dari) sembilan saksi, semua mengarah pada kendaraan sedan warna hitam merek Audi jenis Audi A8 kalau dilihat dari bentuk kendaraannya karena ini hasil capture, hasil analisis CCTV,” kata Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan dalam jumpa pers, Rabu (25/1/2023).

Dia mengatakan mobil tersebut terekam CCTV sejak di Ciloto hingga kamera CCTV di bengkel dekat lokasi kecelakaan. Dia mengatakan Audi A8 hitam itu bukan bagian dari rombongan yang dikawal polisi.

“Kendaraan tersebut adalah kendaraan yang masuk ke rombongan pengawalan. Artinya mengikut, jadi bukan rombongan pengawalan, tapi ini rangkaian liar yang memaksa masuk,” ujarnya.

Mobil tersebut diduga menggunakan pelat nomor polisi (nopol) palsu.

“Kami juga sudah identifikasi jenis mobil yang menjadi penyebab laka, namun setelah kami lakukan identifikasi nomor kendaraannya, diduga nomor kendaraannya nomor palsu,” kata Doni.

Warga sempat mengejar hingga memberhentikan mobil yang diduga menabrak korban. Di dalam mobil tersebut, didapati 3 penumpang. Polisi terus mengusut keberadaan mobil dan sopir mobil tersebut.

“Diduga pengendara ini ada 3 orang yaitu 1 lelaki, 1 perempuan, dan anak kecil,” sebut Doni.

Terlepas dari kasus itu, mobil Audi A8 merupakan mobil kelas pejabat. Bahkan mobil ini pernah dugunakan oleh Presiden Uni Emirate Arab Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan dalam KTT G20 Bali, namun dengan tipe dan spesifikasi yang lebih tinggi.

Audi A8 merupakan luxury sedan yang mulai diproduksi sejak tahun 1994 hingga kini. Untuk Audi A8 tahun 2020 dibanderol dengan harga Rp. 2,95 Miliar. Memiliki dimensi panjang 5.302 mm, lebar 1.945 mm, dan tinggi 1.485 mm.

Pencahayaan mobil ini menggunakan HD Matrix LED headlights dengan Audi laser light pada bagian lampu depan, sedangkan lampu belakang menggunakan LED dengan fitur dynamic indicators. Bagian atas mobil terdapat Panoramic sunroof dengan blackout sunshades.

Dapur pacu Audi A8 menggunakan konfigurasi mesin 3.0L Intercooled Supercharger Premium Unleaded V-6 yang menyemburkan tenaga sebesar 333 dk pada putaran 5.500 rpm dan torsi 440 Nm.

Fitur mewah yang melimpah pada mobil Audi A8 ini sebut saja diantaranya: ambient light pada sisi interior, MMI® Radio plus with Bang & Olufsen® 3D Premium Sound System, 17 speakers, 16-channel amplifier and 730 watts, Audi virtual cockpit (12.3-inch LCD digital instrument cluster with two visual modes: Classic and Infotainment), serta Memory Settings -inc: Driver Seat, Door Mirrors, Steering Wheel, Head Restraints, HVAC and Seatbelts.

Tim Pantau
Penulis
Fadly