Pantau Flash
PSSI Resmi Hentikan Liga1 dan Liga 2 Musim 2020 Tanpa Juara dan Degradasi
Terima Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Bamsoet Dorong Kerja Sama Pengadaan Vaksin Covid-19
Erick Thohir Sebut Vaksin Mandiri Akan Dilakukan Setelah 1-2 Bulan Vaksin Gratis Diberikan
Muhammadiyah Komitmen Dorong Ekonomi Pancasila
Tatanen di Bale Atikan Proyeksi Tata Kelola Kemandirian Pangan di Purwakarta

Awas! Bentuk Tubuh Ternyata Bisa Identifikasi Penyakit

Awas! Bentuk Tubuh Ternyata Bisa Identifikasi Penyakit Ilustrasi bentuk tubuh. (foto: TroyClintonStyles)

Pantau.com - Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Walau begitu bentuk tubuh seseorang ternyata bisa mengidentifikasi penyakit yang ada dengan melihat letak lemak. 

Secara umum bentuk tubuh seseorang sering dibedakan menjadi empat dengan ditentukan dari bentuk bahu, panggul kaki. Berikut adalah 4 tipe tubuh secara umum baik pada wanita maupun pria:

Apel

Bentuk tubuh seperti apel memiliki lemak di bagian tengah tubuh dan sedikit lemak di daerah lengan, pinggang dan kaki. Bentuk tubuh inilah yang justru terkait dengan banyak risiko kesehatan.

Mengutip dari Live Strong, Tamyra Rogers, MD, dokter keluarga dari San Antonio, Texas, mengatakan seseorang bertubuh apel memiliki rasio pinggang ke pinggul yang besar. Saat lemak menyelubungi organ kita bisa terkena inflamasi pada tubuh dan inflamasi menyebabkan penyakit.

Penyakit-penyakit tersebut antara lain penyakit jantung, diabetes, dan risiko kanker payudara, usus besar, dan endometrium. 

Pir

Bentuk tubuh pir menunjukkan seseorang memiliki lemak berlebih di daerah bokong namun sedikit di daerah pinggul dan dada. Menunut Lina Velikova, MD, PhD, ahli imunologi klinis di Medical University of Sofia di Bulgaria, bentuk tubuh ini paling aman.

"Memiliki bentuk tubuh pir lebih aman karena lemak tersimpan di kaki memiliki potensi yang kecil untuk mencapai organ vital. Di sisi lain, pemilik bentuk tubuh ini kerap memiliki masalah dengan pembuluh darah dan sendiri karena sering diminta membawa beban berat," jelasnya.

Sebuah studi bulan April 2018 yang dipublikasikan di Journal of the American Heart Association yang menemukan banyak peserta berbentuk tubuh pir mampu menghilangkan lemak subkutan di kaki dan lengan dengan bantuan diet tinggi protein (antara 15-30 persen dari asupan kalori harian).

Baca juga: Tak Hanya Pikun, Ini 5 Gejala Awal Penyakit Alzheimer

Lurus

Banyak yang menyebut bentuk tubuh ini dengan istilah 'skinny fat' alias kurus tapi gemuk.

"Adanya lemak ini bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti orang dengan bentuk tubuh apel. Umumnya pada bentuk tubuh ini kepadatan tulang bisa berkurang seiring waktu dan menimbulkan osteoporosis (karena sulit membentuk otot)," kata Dr Velikova.

Jam pasir

Bentuk tubuh jam pasir ditunjukkan dengan ukuran pinggul dan bokong yang sama namun pinggang yang sempit. Selama bertahun-tahun, para pakar menyebut bentuk tubuh ini adalah bentuk tubuh yang paling sehat karena rasio pinggang ke pinggul yang sedikit, menurut Dr Rogers.

Mereka yang memiliki bentuk tubuh ini cenderung tak memiliki risiko kesehatan terkait yang dimiliki bentuk tubuh lainnya. Akan tetapi, mereka masih bisa membawa lemak visceral di sekitar organ dalam atau extra lemak subkutan di sekitar area perutnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: