Pantau Flash
Peneliti Indonesia Ikut Riset Gabungan Temuan Obat Covid-19 di Bawah WHO
Presiden Jokowi: Pemerintah dengan BI dan OJK Optimalkan Kebijakan Moneter
Kepanikan Akibat Korona Mereda, BI: Modal Asing Mulai Masuk
Seluruh Atlet PBSI Negatif COVID-19 Usai Jalani Rapid Test
Pegadaian Ajak Masyarakat untuk Gunakan Transaksi Digital

Awas Jangan Biasakan Pakai Kosmetik hingga Kadaluarsa! Kenali Bahayanya

Awas Jangan Biasakan Pakai Kosmetik hingga Kadaluarsa! Kenali Bahayanya Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jangan asal menggunakan produk kosmetik demi mendapat wajah cantik. Setiap produk kosmetik pasti memiliki tanggal kadaluwarsa.

Sebagian orang tidak terlalu peduli dengan hal itu dan memilih tetap menggunakan kosmetik selama bentuk dan baunya tidak bermasalah. Walau hanya pemakaian oada tubuh bagian luar, pemakaian kosmetik kadaluarsa tetap berbahaya bagi kesehatan. 

Masa kadaluwarsa setiap produk kosmetik berbeda-beda. Misalnya saja maskara dan eyeliner cair sebaiknya dipakai setelah 4 bulan dibuka, foundation dan pemulas mata bentuk krim harus dibuang setelah 6 bulan pasca digunakan. Sementara itu, pemulas mata atau eye shadow bubuk punya masa kedaluwarsa satu tahun.

Baca juga: Kenali Jenis Maskara dengan Masing-Masing Fungsinya

Untuk eyeliner berbentuk pensil dan perona pipi bentuk bubuk bisa bertahan hingga dua tahun. Dan perlu diingat, jangan biasakan meminjamkan kosmetik ini kepada orang lain.

Melansir dari Dailymail, sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan dua pertiga responden menjawab menggunakan maskara hingga lebih dari setahun, bahkan ada yang masih memakai maskara yang sama selama 10 tahun.

Padahal menggunakan kosmetik kedaluwarsa bisa menyebabkan iritasi kulit, gatal, bahkan kebutaan akibat memakai maskara yang kadaluwarsa.

Baca juga: Tips Make Up Bagi Kamu yang Berkelopak Mata Kecil

Maskara dan produk cair lainnya sebenarnya bisa menjadi tempat yang disukai bakteri. Tentu saja saat diaplikasikan pada bulu mata bakteri tersebut bisa berpindah. Walau jarang, tetapi bisa terjadi infeksi mata yang parah akibat bakteri tersebut.

"Kami menyarankan para wanita untuk mengecek masa kedaluwarsa kosmetik mereka," kata Anna Maino, konsultan kesehatan mata.

Setiap produk kosmetik sebenarnya mengandung bahan pengawet untuk mencegah bakteri tumbuh, tetapi penyimpanan yang sering terkena panas bisa membuat bakteri gampang tumbuh.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: