Pantau Flash
Dubai Putuskan 'Lockdown' Selama 14 Hari
Madonna Sumbang 1 Juta Dolar untuk Ciptakan Vaksin Korona
Jika Batalkan Kompetisi, Liga Inggris Terancam Denda Rp 15,3 Triliun
Sempat Tersangkut Skandal FIFA, Mantan Presiden Honduras Meninggal Dunia
Jakarta Pagi Cerah Berawan, Waspada Hujan Petir Sore Hingga Malam Hari

Awas Melongo! 10 Tempat Antah Berantah Ini Ternyata Sudah Ada Wi-Fi

Awas Melongo! 10 Tempat Antah Berantah Ini Ternyata Sudah Ada Wi-Fi Ilustrasi Internet di Bulan (gizmodo)

Pantau.com - Di jaman serba teknologi sepeti sekarang, jaringan internet atau Wi-Fi sudah menjadi ‘barang’ yang biasa dan tidak sulit untuk didapat.

Hampir semua fasilitas umum seperti Halte, Sekolah, Rumah Sakit dan tempat-tempat umum lain sudah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi yang bebas digunakan oleh siapa saja. Namun, ada beberapa tempat di dunia yang tidak akan kamu duga ternyata sudah dilengkapi dengan jaringan internet atau Wi-Fi.

Berikut adalah 10 tempat antah berantah yang ternyata sudah dilengkapi dengan jaringan internet atau Wifi.

1. Stasiun Luar Angkasa


Stasiun Luar Angkasa. (Foto: Getty Images)

Stasiun Luar Angkasa NASA memiliki jaringan internet melalui sistem komunikasi satelit. Jaringan tersebut menghasilkan sekitar 10 mbps untuk mengunduh dan 3 mbps untuk mengunggah.

Pada Januari 2010, astronaut T.J Creamer menjadi orang pertama yang menulis status dari angkasa luar, bunyinya: "Hello Twitterverse! We r now LIVE tweeting from the International Space Station - the 1st live tweet from Space! :) More soon, send your ?s"

2. Bulan


Suasana Bulan. (Foto: Inhauscreative/Getty Images)

Pada 2014, para ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology dan NASA mampu mengirimkan sinyal Wi-Fi ke bulan dengan bantuan. Tim tersebut berhasil mentransmisikan data dengan kecepatan 19,44 mbps dan mengunduh data dengan kecepatan 622 mbps.

Penelitian ini pada akhirnya dapat memungkinkan astronaut untuk mengirimkan data lebih cepat dari bulan.

3. Kutub Utara


Kutub Utara. (Foto: David Cheskin/WPA Pool/Getty Images)

Pada 2005, dua pegawai Intel yang berbasis di Moskow mendirikan hotspot Wi-Fi di dekat kamp es Barneo, sekitar 49,7 mil (80 km) dari Kutub Utara. Mereka memasang koneksi jaringan area lokal nirkabel, yang terhubung ke internet melalui telepon satelit Iridium.

Baca juga: 10 Wujud Produk Terkenal Ketika Baru Pertama Kali Muncul

4. Puncak Gunung Everest - Nepal


Puncak Gunung Everest. (Foto: JTB Photo/UIG via Getty Images)

Gunung tertinggi dunia ternyata memiliki layanan Wi-Fi sejak tahun 2010. Adalah Ncell -perusahaan telekomunikasi Nepal yang menyediakannya.

Tersedia koneksi 3G di base camp dan ada Wi-Fi di sepanjang jalur pendakian sampai ke titik pertemuan akhir sebelum puncak. Kecepatan 3G ini akhirnya ditingkatkan menjadi 4G LTE pada 2013 oleh Huawei dan China Mobile.

5. Gunung Fuji - Jepang


Gunung Fuji. (Foto: Chris McGrath/Getty Images)

Pada 2015, Wi-Fi gratis dipasang di gunung tertinggi di Jepang. Serangkaian hotspot tersedia seluruh jalur pendakian, pengunjung akan diberi pasword agar bisa terhubung ke internet. Koneksi internet gratis untuk 72 jam pertama setelah diaktifkan.

6. Tebing Moher - Irlandia


Tebing Moher. (Foto: Marka/UIG via Getty Images)

Untuk meningkatkan layanan bagi turis yang datang, tebing yang menjadi atraksi wisata Irlandia ini dilengkapi Wi-Fi gratis.

Sehingga orang bisa menikmati pemandangan dan langsung membaginya kepada teman juga keluarga. Selain itu, ada juga aplikasi pemandu untuk pengunjung.

7. Gunung Girnar - India


Gunung Girnar. (Foto: Anand Purohit/Getty Images)

Pada tahun 2010, gunung tertinggi di negara bagian Gujarat - India yang memiliki ketinggian 3.383 kaki (1.031 meter) telah menyediakan jaringan internet. Wi-Fi bisa ditemui di sepanjang jalur pendakian gunung tersebut.

Baca juga: 5 Penemuan Indonesia yang Mendunia, Nomor 4 Selalu Kamu Gunakan!

8. Kfar Kedem - Israel


Kfar Kedem. (Foto: Ariel Schalit/AP Photo)

Taman Kfar Kedem di desa Hoshaya adalah objek wisata religi, di mana orang dapat merasakan kehidupan di Galilea kuno. Pengunjung bisa mengendarai keledai melalui bentang alam yang disebutkan dalam Perjanjian Lama dan berselancar di internet pada saat yang bersamaan. Beberapa keledai memiliki router nirkabel yang terhubung dengan mereka yang menyediakan konektivitas internet bagi para turis.

9. Sarahan - India


Sarahan. (Foto: IndiaPictures/UIG via Getty Images)

Sebuah desa kecil di negara bagian Himachal Pradesh tidak memiliki listrik sampai tahun 2005. Pada tahun yang sama, menara Wi-Fi setinggi 65 kaki (20 meter) dipasang, memberikan akses internet ke sekitar 2.000 orang yang tinggal di desa tersebut.

10. Val d'Isere - Prancis


Val d'Isere. (Foto: Philippe Desmazes/AFP/Getty Images)

Gondola baru yang dipasang di wisata ski Val d'Isere memiliki 91 kabin dengan kapasitas masing-masing untuk menampung 10 orang. Selain kursi dengan pemanas yang membuat kamu tetap hangat, di dalam kabin juga tersedia Wi-Fi gratis yang memungkinkan kamu tetap terhubung selama menikmati permainan ski.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: