Pantau Flash
Masa Berlaku SIM Habis Antara 17 Maret-29 Mei, Anda Tidak Akan Ditilang
BPS: Bekerja atau Dirumahkan saat COVID-19 buat Pendapatan Menurun
PTUN Vonis Jokowi Langgar Hukum Kasus Pemblokiran Internet Papua
Ridwan Kamil Terbitkan Pergub New Normal untuk Jabar
Presiden Ingatkan Pertumbuhan Ekonomi Jangan Sampai Minus

Badan Sakit Usai Makan Gorengan? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Badan Sakit Usai Makan Gorengan? Coba Lakukan 5 Hal Ini Ayam goreng. (Foto: pixabay)

Pantau.com - Gorengan memang menjadi salah satu makanan favorit bagi setiap orang. Makanan itu bisa disajikan sebagai cemilan atau pun lauk. 

Tapi di balik kerenyahan dan rasa enaknya, sudah menjadi rahasia umum jika gorengan jadi pemicu dari banyaknya penyakit. Apalagi kolesterol.

Jangan cemas Sobat Pantau. Merangkum dari berbagai sumber, Pantau.com punya 5 tips untuk mensiasati badan tetap nyaman meski sehabis makan gorengan, nih.

1. Masak sendiri


Ilustrasi memasak. (Foto: Pixabay)

Dengan masak sendiri kita menjadi tahu seberapa sehat dan bersih makanan yang disantap. Kita juga bisa membuat gorengan sesuai selera dan lebih sehat. 

Caranya dengan tidak menggunakan minyak yang telah dipakai berulang kali. Apalagi kalau minyak sudah berubah warna menjadi hitam. Karena dapat menurunkan kadar protein dan air. Juga membuat lemak menjadi lemak jahat yang membahayakan pembuluh darah.

Baca juga: Awas! Makan Gorengan Seminggu 3 Kali, Tingkatan Risiko Jantung dan Stroke

2. Jangan kalap!


Ilustrasi makan. (Foto: Pixabay)

Batasi konsumsi makanan yang digoreng. Perlu ketegasan pada diri sendiri agar tak tergoda dengan renyahnya gorengan. 

3. Perbanyak Gerak


Ilustrasi berjalan. (Foto: Pixabay)

Makan makanan yang digoreng membuat tubuh menerima lebih banyak kalori dibandingkan dengan makanan yang direbus atau pun dikukus.

Dengan memperbanyak gerak fisik, kalori yang diterima tubuh akan terbakar. Tingkat kolesterol jahat dalam tubuh hasil asupan makanan yang digoreng itu pun akan berkurang.

Baca juga: Apa Jadinya Jika Setiap Hari Buka Puasa Makan Gorengan?

4. Imbangi dengan sayur dan buah

Ilustrasi sayur dan buah. (Foto: Pixabay)

Banyak manfaat yang bisa diambil dari buah dan sayur. Serat dari sayur dan buah serta nutrisi yang dikandung dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, membasmi lemak berlebih, hingga menurunkan tekanan darah. Tapi, sayur pun usahakan jangan digoreng ya. 

5. Perbanyak minum air


Minum Air Putih. (Foto: awsimages)

Air mineral ya. Bukan minum air kopi-kopi susu yang sedang hits itu. Selain memenuhi kebutuhan tubuh, air juga dinilai mampu melarutkan lemak dalam tubuh. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: