Pantau Flash
Bank Indonesia: Cadangan Devisa Cukup Penuhi Kebutuhan
Komisi I DPR: Pelibatan TNI dalam PSBB Diperlukan
Son Heung-min Latihan Perang Kimia
Baleg DPR Agendakan Raker dengan Pemerintah Sebelum Bahas RUU Ciptaker
PSBB DKI Jakarta Berlaku Mulai Jumat 10 April 2020

Bahaya! Ini 6 Tanda Anda Sudah Kelebihan Minum Kopi

Bahaya! Ini 6 Tanda Anda Sudah Kelebihan Minum Kopi Ilustrasi kopi. (Shutterstock)

Pantau.com - Saat ini kopi menjadi salah satu minuman yang hampir tidak pernah lepas dari genggaman. Saking populernya, rata-rata seseorang memiliki 3,1 cangkir kopi per harinya dan ini membuktikan bahwa dunia modern kita tidak dapat hidup tanda minuman ajaib ini. 

Meski kopi diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehataan, ada beberapa sisi negatif dari konsumsi rutin kopi. Melansir dari laman Bright Side, berikut tanda-tanda bahwa Anda kelebihan mengonsumsi kopi.

Baca juga: Girls Suka Minum Kopi? Lihat Dulu Nih 6 Pengaruh Kafein pada Wanita 


Ilustrasi kopi. (Pixabay)

1. Memiliki masalah dengan perut

Kopi sebenarnya memiliki efek pencahar. Ini melepaskan hormon yang membuat perut Anda mempercepat aktivitas di usus besar. Minum terlalu banyak kopi dapat menyebabkan buang air besar dan bahkan diare. Selain itu, kopi juga mendukung gastro-esophageal reflux. Jika Anda memiliki masalah dengan perut Anda, lebih baik mengurangi konsumsi kopi.

2. Merasa lelah pada hari berikutnya setelah minum kopi

Ya, kopi merangsang sistem saraf Anda karena kandungan kafeinnya, dan kopi juga meningkatkan kinerja fisik Anda hingga 11-12 persen. Tapi ada sisi buruknya. Adenosine, unsur kimia yang ditemukan dalam kopi, pertama meningkat dan kemudian turun. Beberapa penelitian memperhatikan bahwa setelah terlalu banyak minum, Anda mungkin merasa lelah dan tertidur. Kelelahan datang segera setelah kewaspadaan, tetapi jika Anda terus mengisi daya sendiri sepanjang hari, Anda dapat menghindari efek ini.

Ilustrasi kopi. (Pixabay)

3. Mengalami kecemasan

Kafein meningkatkan kewaspadaan dengan memblokir adenosin yang membuat Anda lelah. Tetapi jika Anda memiliki dosis besar setiap hari, itu dapat menyebabkan kecemasan dan kegugupan. Kopi adalah pemicu pelepasan adrenalin yang dapat memengaruhi perilaku Anda. Jika Anda merasa terlalu gugup, cobalah mengendalikan konsumsi kafein.

Baca juga: Awas! Minum Kopi di Tengah Suara Bising Berakibat Buruk Bagi Pendengaran

4. Mulai mengalami insomnia

Kafein membuat Anda tetap terjaga, tetapi pada saat yang sama, itu dapat memengaruhi tidur Anda. Para peneliti telah menunjukkan bahwa asupan kopi yang tinggi dapat meningkatkan jumlah waktu yang Anda butuhkan untuk tertidur. Anda benar-benar kurang tidur dan menjadi lebih lelah di siang hari.

Ilustrasi kopi. (Pixabay)

5. Memiliki detak jantung cepat dan kelelahan

Efek detak jantung yang cepat tidak muncul pada semua orang, tetapi masih cukup umum. Terbukti pada orang muda, yang memiliki kopi dosis tinggi, bahwa kafein dapat meningkatkan denyut nadi Anda. Minum kopi tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah dengan tekanan darah dan jantung mereka.

6. Metabolisme meningkat dan menjadi kecanduan

Kafein adalah suplemen pembakar lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu meningkatkan metabolisme Anda hingga 3-11 persen. Namun, penting untuk berhati-hati, karena beberapa orang tidak toleran terhadap kopi dan efek negatifnya jauh lebih buruk daripada yang positif. Masalahnya adalah Anda bisa kecanduan kopi dan berhenti minum cukup air -yang sebenarnya dibutuhkan tubuh Anda.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: