Pantau Flash
Kejuaraan Dunia IWAS Diundur Akibat Virus Korona
Ditresnarkoba: China Pemasok Terbesar Narkoba ke Indonesia
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo Jadi Komut BRI
Presiden Jokowi Minta Segera Disiapkan Timnas Basket yang Tangguh
Persebaya Lolos ke Final Piala Gubernur Jatim 2020 Usai Bungkam Arema 4-2

Bahaya Untuk Kesehatan, Jangan Letakkan Ponsel di 5 Tempat Ini!

Bahaya Untuk Kesehatan, Jangan Letakkan Ponsel di 5 Tempat Ini! Ponsel di Dalam Saku Celana. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ponsel saat ini seakan telah menjadi benda wajib yang harus dibawa ke mana pun pergi. Bahkan sebagian orang nampaknya memilih tertinggal dompet daripada ponsel. 

Meski begitu kita dianjurkan untuk tidak meletakkan ponsel disembarang tempat ketika membawanya. Alasan utamanya lebih terhadap kesehatan tubuh. 

Melansir dari reader's digest, berikut tempat yang dianjurkan jangan meletakkan ponsel. 

Baca juga: 5 Tips Sederhana untuk Menghemat Kuota Internet di Smartphone

1. Saku pakaian

Pakar kesehatan Lilly Friedman mengatakan jangan menyimpan ponsel di kantong pakaian. Karena saat ponsel aktif dan ditempakan di saku, radiasi akan dua hingga tujuh kali lebih tinggi daripada saat disimpan di dompet atau sarung ponsel. Radiasi ponsel ini akan memicu risiko tumor.

2. Di bawah bantal

Hingga hendak tidur pun kadang kita kesulitan lepas dari ponsel. Sampai membawanya ke kasur dan meletakkan di dekat bantal. Cobalah hilangkan kebiasaan itu. 

Laporan Naional Sleep Foundation mengatakan lampu LED dari layar ponsel dapat mengganggu produksi melatonin dan ritme sirkadian. Selain itu, jumlah radiofrekuensi radiasi yang dikeluarkan ponsel sama dengan yang dipancarkan dari gelombang mikro. Menurut American Cancer Society, radiasi itu bisa berpotensi kanker.

3. Terlalu dekat dengan wajah

Ketika kita menerima telepon secara otomatis pasti akan meletakkannya di telinga. Tahu kah kamu, meletakkan ponsel terlalu dekat dengan wajah sama saja dengan mentransfer bakteri di layar ponsel ke wajah. 

Hal itu menyebabkan munculnya jerawat, iritasi dan bahkan kerutan. Gunakanlah earphones untuk menjaga permukaan ponsel berjarak dengan wajah.

4. Kamar mandi

Kadang seseorang membawa ponsel ke toilet ketika sedang buang air besar. Atau sekadar menyalakan lagu untuk mandi. Lagi-lagi, itu satu kebiasaan yang buruk. 

Menurut studi yang diterbitkan dalam Mikrobiologi Terapan dan Lingkungan, apapun yang berada dalam jarak satu meter dari closet dapat terkontaminasi bakteri atau virus lewat udara, bahkan jika kita menyimpannya di atas meja atau jauh dari toilet.

Baca juga: 5 Produk Ponsel Jadul yang Mati Sebelum 'Cicipi' Android

5. Tetap di saklar listrik meski baterai sudah penuh

Segera cabut ponsel dari charger ketika baterainya sudah penuh. Kebiasaan tetap menghubungkan ponsel dengan aliran listrik bisa mengakibatkan rusaknya baterai ponsel. 


Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam