Pantau Flash
Robert Minta Pemain Persib Hindari Kerumunan Saat Jalani Latihan Mandiri
Wow, Ternyata Ada Tiga Juta Warga Luar DKI yang Terima Vaksin Covid-19 di Jakarta
Menteri Halim Ajak Kampus Bersinergi Bangun Desa
Jakarta Diperkirakan Diguyur Hujan pada Malam Nanti
Keren! Greysia/Apriyani Tembus ke Final Olimpiade Tokyo

Bahaya Untuk Tubuh! Jangan Sarapan dengan Jus Jeruk

Bahaya Untuk Tubuh! Jangan Sarapan dengan Jus Jeruk Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kalau kamu biasa minum jus untuk sarapan, jangan sekali-kali minum jus jeruk di pagi hari. Karena fruktosa jeruk saat perut kosong bisa berdampak buruk bagi kesehatan hati dan saluran pencernaan. 

Dalam studi dalam jurnal Cell Metabolism, para peneliti dari Princeton University menemukan bahwa fruktosa, yang merupakan gula buah, diproses terutama di usus kecil.

Jika fruktosa tidak diproses di usus kecil, maka dia akan bergerak ke hati atau usus besar. Pada hati, gula yang berlebihan bisa menimbulkan kerusakan. Para peneliti menyarankan menjaga asupan gula, termasuk fruktosa, pada tingkat yang wajar. 

Baca juga: Tanpa Banyak Kata, Unggahan Agnez Mo Banjir Pujian Artis Indonesia

"Ada perbedaan fisiologis mendasar mengenai bagaimana jumlah gula yang lebih sedikit dan lebih banyak diproses di dalam tubuh," kata Joshua D. Rabinowitz dari Lewis-Sigler Institute for Integrative Genomics di Princeton University. 

Dengan memperhatikan hal itu, Rabinowitz menyarankan konsumsi fruktosa "dalam jumlah moderat" agar tidak sampai merusak hati, seperti sekaleng atau segelas besar jeruk.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa usus kecil lebih baik dalam memproses fruktosa setelah makan, karenanya menyarankan jus buah tidak diminum saat perut kosong agar tidak berdampak negatif terhadap kesehatan. 



Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Lilis Varwati

Berita Terkait: