Bayi Super Susah Makan? Ini Tiga Trik Jitunya

dr Ratih dan Andien di diskusi MPASI: Makan Itu Menyenangkan (Foto: Pantau.com/Nurri Tesya Tanjung)dr Ratih dan Andien di diskusi MPASI: Makan Itu Menyenangkan (Foto: Pantau.com/Nurri Tesya Tanjung)

Pantau.com – Tiap ibu pasti punya masalah saat memberikan makan anak. Ya, ibu dibuat pusing tujuh keliling untuk membujuk anak membuka mulut.dr Ratih Ayu Wulandari konsultan menyusui dan penggagas ‘Menjadi Ibu’ mengakui ada kalanya bayi tidak mau makan atau sulit untuk diberikan makan.

“Saya menyarankan orangtua harus pandai menyiasati hal tersebut. Ada tiga tips yang perlu dilakukan,” kata dr Ratih di acara ‘MPASI: Makan Itu Menyenangkan’, di kawasan Kemang, Jakarta, Jumat (16/2/2018).

“Tips mengatasi bayi yang nggak mau buka mulut, orangtua harus berkeksperimen. Pertama dari segi rasa, bayi harus makan makanan yang enak dulu. Kedua dari segi tekstur, mereka suka tekstur seperti apa, terus kemudian suasana. Bayi harus dalam kondisi yang lagi happy pada saat diperkenalkan mulai makan,” jelasnya.

Baca juga: Mimpi Menyusui Bayi


dr Ratih dan Andien di diskusi MPASI: Makan Itu Menyenangkan (Foto: Pantau.com/Nurri Tesya Tanjung)

Ratih mengingatkan agar orangtua tidak memaksa bayi jika bayinya tidak mau makan. 

“Kondisikan agar sang bayi merasa senang dan nyaman dulu, di samping itu orangtua juga harus responsif ketika memberi makanan pendamping bayi,” ujar Ratih.

Baca juga: Mimpi Gendong Bayi

Ia juga menyampaikan pemberian MPASI yang baik akan berpengaruh baik juga bagi tumbuh kembang bayi nantinya. Untuk itu para orangtua harus lebih memperhatikan akan makanan apa yang dikonsumsi oleh anak ketika mereka mulai belajar makan. 

“Ketika bayi menginjak usia 12-23 bulan, bayi mulai memerlukan asupan protein, zat besi, kalsium, vitamin dan lainnya,” tutup Ratih. (Nurri Tesya Tanjung)

Tim Pantau
Editor
Tommy Adi Wibowo